Polisi Nigeria Ditangkap atas Dugaan Penyelundupan Narkoba

Kyari diduga terlibat jaringan kartel narkoba

Jakarta, IDN Times - Seorang polisi di Nigeria bernama Abba Kyari pada Minggu (13/2/2022) ditangkap terkait dengan kasus penyelundupan narkoba. Hal ini mengejutkan publik Nigeria lantaran Kyari dikenal sebagai seorang polisi yang kerap menangani sejumlah kasus kriminal besar. 

Pada tahun lalu, Kyari sudah dicurigai terlibat dalam skandal pencucian uang yang dilakukan oleh influencer bernama Ray Hushpuppi. Pasalnya, selebgram Nigeria itu telah dijerat kasus pencucian uang di Amerika Serikat. 

1. Penangkapan Kyari bersamaan dengan empat anggota kepolisian lainnya

Penangkapan Abba Kyari ini dilakukan bersamaan dengan empat polisi lainnya yang diduga terlibat kasus penyelundupan kokain. Keempat polisi itu bernama Ubuah, Bawa James, Simon Agrigba, dan John Nuhu. Namun, satu anggota kepolisian bernama John Umoru masih dalam pencarian. 

Hal ini didasarkan dari investigasi kepolisian yang menyebut bila Kyari telah meminta koleganya untuk membantunya dalam mengirimkan kokain. Bahkan, investigator mengatakan bila ia kedapatan membawa uang kas sebesar 61.400 dolar AS (Rp877,5 juta) di kamera pengawas.

 Penangkapan ini juga hanya berlangsung beberapa jam setelah National Drug Law Enforcement Agency (NDLEA) menetepkan Kyari sebagai buronan. Bahkan, ia disebut sebagai salah satu anggota jaringan kartel narkoba yang beroperasi di Brasil, Ethiopia, Nigeria, dikutip BBC

2. Kyari diyakini terlibat kasus penyelundupan 25 kg kokain

Baca Juga: Nigeria Resmi Cabut Larangan Penggunaan Twitter

Menurut keterangan dari juru bicara NDLEA dalam konferensi pers, mempercayai apabila Kyari merupakan salah satu bagian dari jaringan penyelundupan narkoba internasional untuk menyelundupkan 25 kg kokain. 

"Dengan kabar dari intelijen, pihak agensi meyakini bahwa DCP Kyari adalah anggota kartel narkoba yang beroperasi di Brasil-Ethiopia-Nigeria dan ia harus menjawab pertanyaan tersebut di tengah kasus narkoba yang mana ia menjadi aktor utama" ungkap Femi Babafemi selaku Kepala Media dan Advokasi NDLEA, dilansir CNN

Pada Agustus lalu, Kyari sudah didakwa FBI atas dugaan keterlibatan skandal pencucian uang yang dilakukan oleh influencer Ramon Abbas di Amerika Serikat. Kasus pencucian uang itu diketahui dilakukan melalui skema kriminal siber. 

Kendati demikian, Kyari mengelak tudingan FBI dan sudah menghapus postingan Facebook-nya. Atas hal itu, statusnya sebagai polisi sudah ditangguhkan dan investigasi internal dari pihak kepolisian sudah dibuka.

3. Kyari disebut sebagai 'super cop' di Nigeria

Dilaporkan BBC, Abba Kyari merupakan seorang polisi yang memiliki julukan 'super cop' lantaran ia kerap menginvestigasi kasus kriminal besar di Nigeria. Bahkan, ia sempat menerima medali kepresidenan dari Buhari di tahun 2016 setelah menyelamatkan tiga anak yang diculik di Lagos. 

Ia juga mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Lagos atas keberaniannya dalam tiga tahun berturut-turut di tahun 2011 sampai 2013. Selain itu, ia juga dikenal memiliki hubungan dengan sejumlah politisi dan selebriti di Nigeria. 

Dilansir dari CNN, Kejaksaan Agung Nigeria juga mengungkapkan bila ekstradisi Kyari ke  Amerika Serikat akan dipertimbangkan apabila memang diajukan. 

"Posisi saat ini, memang terdapat alasan dan dasar yang jelas terkait dugaan keterlibatannya dalam perspektif persekusi. Kemungkinan besar ia dapat diekstradisi, apabila memang diperlukan" ungkap Abubakar Malami selaku Menteri Hukum Nigeria. 

Baca Juga: Wilayah Zamfara Nigeria Memanas, Bandit Bersenjata Bunuh 30 Orang 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya