Tak Sertakan Charger di iPhone 12, Brasil Denda Apple

Apple berdalih terkait isu lingkungan

Sao Paulo, IDN Times - Otoritas perlindungan konsumen Brasil memberikan denda kepada Apple lantaran tidak memberikan alat pengisi daya atau charger pada produk iPhone 12. Lantas perusahaan teknologi asal AS tersebut dituduh telah memberikan kabar menyesatkan terkait produk ponsel anyarnya. 

Sebelumnya Apple pernah mendapatkan denda akibat adanya iklan iPhone 12 yang menyesatkan di Italia. Akibatnya Apple harus membayar denda sebesar 10 juta euro kepada otoritas perlindungan konsumen Italia. 

1. Berlakukan denda sebesar 2 juta dolar AS

Komisi perlindungan konsumen di negara bagian Sao Paulo, Brasil Procon-SP memberlakukan denda pada Apple sebesar 2 juta dolar AS atau Rp 27 miliar. Hal ini dikarenakan Apple tidak menjual produk iPhone 12 dengan pengisi daya atau charger dalam kemasannya. 

Menurut pihak Procon-SP, produsen elektronik asal Amerika Serikat tersebut sudah memberikan informasi menyimpang dalam iklan yang diberikan di Brasil. Lantas masalah ini terkait dengan tindakan ketidakadilan dalam istilahnya, dilansir dari The Verge.

2. Apple berdalih lebih memerhatikan keramahan lingkungan

Baca Juga: iPhone 12 Mini vs iPhone SE 2020, Apa Bedanya?

Procon-SP sebenarnya sudah menuding Apple melakukan pelanggaran sejak Desember 2020 lalu. Namun Apple berdalih bahwa tindakan ini dilakukan terkait kepedulian terhadap lingkungan dan untuk mengurangi emisi CO2. Bahkan perusahaan asal AS tersebut juga megatakan jika pelanggan sudah memiliki pengisi daya cadangan, dikutip dari Engadget

Menanggapi jawaban dari Apple tersebut, pihak komisi perlindungan konsumen di Sao Paulo tersebut tidak dengan jawaban tersebut. Bahkan direktur eksekutif Procon-SP, Fernando Capez mengatakan jika "Apple harus mengerti bahwa Brasil memiliki hukum dan institusi perlindungan konsumen yang kuat. Maka Apple harus menghargai hukum yang berlaku di Brasil."

3. Procon-SP minta potong harga IPhone 12

Tak Sertakan Charger di iPhone 12, Brasil Denda AppleIlustrasi ponsel iPhone 12. unsplash.com/@denic

Mengutip dari Sputnik News, Procon-SP juga menemukan bahwa Apple tidak menunjukkan peningkatan kepedulian lingkungan dalam produk terbaru mereka Akibatnya pihak regulator tersebut sudah meminta pemotongan harga ponsel iPhone 12 di Brasil apabila Apple tidak menyertakan pengisi daya dalam kemasannya. 

Di samping itu, otoritas tersebut juga menduga perusahaan raksasa tersebut telah lalai dalam membantu pelanggan yang memiliki masalah dengan fungsi saat adanya pembaruan dalam iPhone mereka. 

Sebelumnya perilisan iPhone 12 pada akhir tahun 2020 lalu langsung mengundang pertanyaan besar lantaran Apple berencana untuk tidak menyertakan pengisi daya beserta EarPods dalam kotak kemasannya. 

Baca Juga: 7 Fitur Eksklusif iPhone 12 Pro yang Tak Ada di iPhone 12

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya