Venezuela: Nicolas Maduro Rombak Kabinet Pemerintahan

Dirombak jelang negosiasi pemerintah dan oposisi Venezuela

Caracas, IDN Times - Presiden Nicolas Maduro pada Kamis (19/8/2021) telah merombak kabinet dalam pemerintahannya. Keputusan perombakan kabinet ini dilakukan menjelang adanya negosiasi antara pemerintah dan oposisi Venezuela yang digelar di Meksiko pada September mendatang. 

Sebelumnya Pemerintah Venezuela dan oposisi telah menyetujui perundingan yang akan difasilitasi oleh Norwegia. Sementara itu, keputusan Maduro ini dianggap sebagai upaya Venezuela untuk mengarah ke demokrasi. 

1. Mengganti Menlu Jorge Arreaza dengan Felix Plasencia

Venezuela: Nicolas Maduro Rombak Kabinet PemerintahanMenlu Jorge Arreaza dan Dubes Venezuela di China, Felix Plasencia. (twitter.com/ViceVenezuela)

Presiden Nicolas Maduro secara mengejutkan mengumumkan perombakan kabinetnya setelah adanya persetujuan negosiasi politik dengan oposisi. Perundingan ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak buruk akibat krisis politik dan ekonomi di negara Amerika Selatan itu selama beberapa tahun terakhir. 

Bahkan Maduro memutuskan untuk mencopot Menlu Jorge Arreaza dan menggantinya dengan duta besar Venezuela untuk China, bernama Felix Plasencia. Sedangkan Arreaza nantinya akan mengisi posisi menteri perindustrian dan produksi. 

Dikutip dari Reuters, Nicolas Maduro menyebutkan dalam sosial media Twitternya, "Saya telah menunjuk Felix Placensia sebagai menteri luar negeri yang baru. Ia juga telah setuju untuk meneruskan kerja baik yang sudah dilakukan Jorge Arreaza."

2. Maduro juga mengganti beberapa menteri dalam pemerintahannya

Perombakan kabinet ini menyusul pemilihan pengurus dalam Partai PSUV yang sudah menjabat sejak November tahun lalu. Sementara Carmen Melendez dan Eduardo Pinate yang meninggalkan jabatannya sebagai menteri kini akan mencalonkan dalam kandidat wli kota di Caracas dan gubernur di Apure. 

Selain itu, Presiden Maduro juga menunjuk Admiral Remigio Ceballos sebagai menteri dalam negeri yang baru menggantikan Melendez. Sementara Yelitze Santaella akan ditugaskan sebagai menteri pendidikan yang baru untuk mengisi posisi Pinate. Terakhir ada Mervin Maldonado akan ditunjuk sebagai menteri olahraga baru, dilansir dari MENAFN

Baca Juga: Pemimpin Oposisi Venezuela Freddy Guevara Dibebaskan

3. AS meyambut baik perundingan pemerintah dan oposisi Venezuela 

Pemerintah Venezuela sebelumnya juga sudah menyetujui perundingan dengan oposisi yang dimediasi oleh Norwegia di Meksiko. Bahkan Maduro mengungkapkan keoptimisannya untuk berunding dengan oposisi dan mengatakan dalam konferensi pers bahwa ini akan menjadi awal yang baik. 

Dikutip dari Al Jazeera, Maduro mengatakan, "Kami akan memulai langkah awal dengan berdialog dengan pihak yang ingin membunuh dan melengserkan kita. Di belahan dunia mana hal ini dapat terjadi? Kami telah duduk untuk melihat wajah-wajah mereka yang ingin membunuh kita."

Menlu AS, Antony Blinken juga menyambut baik keputusan antara pemerintah dan oposisi ini bagi masa depan Venezuela. Namun oposisi menginginkan Maduro untuk membebaskan puluhan tahanan politik dan menjamin kandidat oposisi dapat ikut dalam pemilu regional pada November mendatang. 

Baca Juga: Venezuela Pulangkan Warganya dari Trinidad dan Tobago

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya