Banjir Bandang Melanda Situs Bersejarah di Yordania, 11 Orang Tewas

Ribuan pengunjung menjadi panik setelah kejadian tersebut

Petra, IDN Times - Bencana banjir bandang melanda negara Yordania, tepatnya di tempat wisata yang ada di Petra. Pada saat itu, ribuan pengunjung yang memadati tempat tersebut dibuat panik sehingga harus dievakuasi. Atas kejadian ini, sebanyak 11 orang dikabarkan tewas. Bagaimana awal ceritanya?

1. Para saksi mendengar ada suara gemuruh sebelum terjadinya banjir bandang

Banjir Bandang Melanda Situs Bersejarah di Yordania, 11 Orang Tewastwitter.com/GDTraveltips

Bencana banjir bandang melanda Petra, Jordan yang membuat 11 orang dikabarkan tewas akibat peristiwa ini. Sebelum kejadian, para saksi mendengar adanya suara gemuruh sebelum air mengamuk dan mulai mengalir di sekitar tempat wisata yang dipenuhi oleh para wisatawan. 

Tak hanya itu, beberapa diantara mereka mendengar suara teriakan serta melihat orang-orang pada berlarian untuk menyelamatkan diri. Para penduduk setempat telah memperingatkan pengunjung ke tempat wisata untuk berbalik saat banjir datang. 

"Kami baru saja mulai berjalan bahwa ketika orang-orang Yordania yang menunggang kuda datang berbondong-bondong menyuruh orang-orang berbalik dan kembali ketika banjir datang," ungkap salah seorang saksi yang diketahui bernama Kathryn Booth seperti yang dikutip dari Mirror.co.uk.

2. Pemerintah setempat memberlakukan keadaan darurat di tempat kejadian

Banjir Bandang Melanda Situs Bersejarah di Yordania, 11 Orang Tewastwitter.com/NewsroomPostCom

Pihak berwenang telah mengumumkan keadaan darurat menyusul terjadinya banjir bandang yang melanda wilayahnya ini. Keadaan darurat diberlakukan di pelabuhan Laut Merah, kota Aqaba. Jalan raya utama yang menghubungkan Amman dengan jalur selatan juga ditutup. 

Pemerintah juga mengumumkan penutupan beberapa sekolah dan perguruan tinggi pada hari Sabtu dan membuka masjid untuk melindungi para warga sipil di daerah tempat tinggalnya yang terkena dampak banjir. Mereka memprediksi hujan lebat akan turun di beberapa hari mendatang sehingga mendesak untuk seluruh warga agar mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Waspada Hujan Deras, 4 Lokasi di Denpasar yang Rawan Banjir

3. Sekitar 2 minggu lalu, kejadian serupa terjadi yang menyebabkan dua pejabat tinggi mengundurkan diri

Banjir Bandang Melanda Situs Bersejarah di Yordania, 11 Orang Tewastwitter.com/shaigle

Sekitar 2 minggu lalu, kejadian banjir bandang juga terjadi di kawasan Laut Mati yang menyebabkan sebanyak 21 orang tewas pada saat itu. Negara Jordan dalam beberapa minggu terakhir ini dilanda hujan lebat dan banyak yang mengecam pihak pejabat tinggi, terutama Menteri Pendidikan dan Menteri Pariwisata. Akibatnya, kedua menteri tersebut memilih mengundurkan diri dari jabatannya setelah pihak komite parlemen menemukan adanya kelalaian. 

Tak hanya itu, sebagian besar masyarakat serta beberapa politisi menilai layanan darurat pada saat itu dinilai tidak siap untuk melakukan perlindungan kepada warganya, terutama anak-anak sekolah yang pada saat itu menjadi korban tewas banjir bandang.

Baca Juga: Ini Potret Indahnya Wadi Rum di Yordania, Serasa Berada di Mars!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya