Duta Besar Korea Utara untuk Italia Dikabarkan Menghilang 

Ia dikabarkan mencari suaka negara Barat yang belum dikenal

Roma, IDN Times - Duta Besar Korea Utara untuk Italia, Jo Song Gil, bersama istrinya dikabarkan menghilang setelah berminggu-minggu lamanya. Ia dikabarkan membelot dari Korea Utara dengan mencari suaka dari negara Barat yang belum dikenal. Bagaimana awal ceritanya?

1. Ia adalah putra dan menantu dari pejabat tinggi Korea Utara

Duta Besar Korea Utara untuk Italia Dikabarkan Menghilang abc.net.au

Dilansir dari BBC, agen mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada para pejabat bahwa Duta Besar Korea Utara untuk Italia, Jo Song Gil, bersama istrinya dikabarkan menghilang. Pengumuman ini menyusul sebuah laporan yang belum dikonfirmasi bahwa petinggi diplomat Korea Utara di Italia telah meminta suaka dari negara Barat yang belum diketahui. Jo Song Gil merupakan putra dan menantu dari salah satu pejabat tinggi Korea Utara.

Istri dari Jo Song Gil diyakini masih bersama suaminya hingga saat ini. Kementerian Luar Negeri Italia mengatakan bahwa tidak ada catatan sama sekali mengenai permintaan suaka yang dibuat oleh Jo. Salah satu media di Korea Selatan melaporkan bahwa Jo berada di tempat yang aman dengan keluarganya.

Beberapa sumber diplomatik mengatakan pihak Italia terakhir kali mendengarnya saat para pejabat menerima surat tahun 2018 lalu dari pemerintah Korea Utara bahwa Jo Song Gil telah diganti posisinya.

2. Jo Song Gil menjabat posisi tersebut sejak tahun 2017 lalu

Duta Besar Korea Utara untuk Italia Dikabarkan Menghilang twitter.com/Dailynewsapr

Jo Song Gil mengisi posisi Duta Besar Korea Utara untuk Italia sejak Oktober 2017 lalu setelah pihak Italia mengusir Duta Besar Korea Utara sebelumnya, Mun Jong Nam, sebagai bentuk protes atas uji coba nuklir Kore Utara sebulan sebelumnya. Kedutaan Besar Korea Utara di Italia mengelola hubungan dengan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) yang berbasis di Roma, Italia, menyediakan bantuan penting bagi negara itu.

Para diplomat Korea Utara yang ditempatkan di luar negeri biasanya harus meninggalkan beberapa anggota keluarga di Korea Utara demi mencegah pembelotan. Akan tetapi Jo Song Gil dianggap telah berada di Roma bersama istri dan anak-anaknya, sebuah hak istimewa yang diberikan dan menunjukkan bahwa keluarganya merupakan salah satu yang berpengaruh di Korea Utara. Ayah mertua dari Jo Song Gil adalah Lee Do Seop yang merupakan Duta Besar Korea Utara untuk Thailand dan Hong Kong.

3. Terakhir kali, pembelotan diplomat terjadi pada tahun 2016 lalu

Duta Besar Korea Utara untuk Italia Dikabarkan Menghilang twitter.com/eSPAINews

Terakhir kali, diplomat yang memutuskan untuk membelot dari Korea Utara adalah Thae Yong Ho, Wakil Duta Besar Korea Utara untuk Inggris pada tahun 2016 lalu. Ia bersama istri dan anak-anaknya membelot ke Korea Selatan. Perwakilan Korea Utara di luar negeri sebenarnya memang sudah diawasi dengan sangat ketat dan jika ini benar-benar membelot dari negaranya, maka ini merupakan tanda ketidaksetiaan terhadap rezim.

Sebelumnya ada nama Ko Yong Hwan dan Hyon Song Il, yang sebelumnya membelot ke Korea Selatan masing-masing pada tahun 1991 dan 1996 setelah meninggalkan jabatan mereka di negara-negara yang ada di Afrika. Tak hanya itu, mantan Duta Besar Korea Utara untuk Mesir, Jang Sung Gil, mengambil suaka di Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1997.

Dengan kabar hilangnya Jo Song Gil itu terjadi setelah setahun terakhir lamanya melihat perubahan drastis hubungan antara Korea Utara dengan Korea Selatan. Akan tetapi jika Jo Song Gil benar-benar membelot, maka itu tidak akan berpengaruh pada hubungan kedua negara Korea. 

Baca Juga: Sekitar Hampir 1.000 Data Pribadi Pembelot Korea Utara Alami Kebocoran

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya