Jelang Pelantikan Biden Tunjuk William Burns Jadi Direktur CIA

Ia merupakan seorang diplomat selama 3 dekade beruntun

Washington, D.C, IDN Times - Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, akhirnya menunjuk seorang pejabat diplomat, William Burns, sebagai Direktur CIA baru. Ia merupakan seorang pejabat diplomat dalam 3 dekade beruntun serta Presiden dari organisasi internasional Carnegie Endowment for International Peace. Bagaimana sepak terjang karier William Burns selama ini?

1. William Burns akan menjadi diplomat pertama yang menjabat di CIA

Jelang Pelantikan Biden Tunjuk William Burns Jadi Direktur CIAPejabat diplomat Amerika Serikat, William Burns. (Twitter.com/Atlantide4world)

Dilansir dari BBC, jika penunjukan Burns dikonfirmasi oleh pihak Senat, maka Burns akan menjadi seorang diplomat pertama yang menjabat di lembaga CIA. Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, telah meminta pihak Kongres untuk mengkonfirmasi tim keamanan nasional sedekat mungkin dekat dengan waktu pelantikannya. Dalam sebuauh pernyataannya, Biden menilai Burns berbagi keyakinannya yang mendalam bahwa intelijen harus apolitis dan bahwa intelijen profesional yang berdedikasi melayani bangsa pantas mendapatkan rasa terima kasih dan rasa hormat setinggi mungkin.

Tak hanya Burns, Biden juga telah mencalonkan beberapa pejabat yang masuk ke dalam kabinet seperti:

  • Jend. Lloyd Austin sebagai Sekretaris Pertahanan, pejabat berusia 67 tahun ini pensiun pada tahun 2016 lalu dan akan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang memimpin Pentagon.
  • Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, penunjukkan Blinken juga didasarkan pada hubungan kerja antara Biden dengan Antony Blinken selama hampir 20 tahun sampai saat ini.
  • Jake Sullivan sebagai Penasihat Keamanan Nasional, dia merupakan mantan pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat serta mantan ajudan dari Hillary Clinton yang memainkan peran kunci dalam merundingkan kesepakatan dengan Iran.

2. Pensiunan CIA memuji pemilihan Burns sebagai pilihan yang sangat baik

Jelang Pelantikan Biden Tunjuk William Burns Jadi Direktur CIAPejabat diplomat Amerika Serikat, William Burns. (Twitter.com/ClingSpectator)

Seorang pensiunan CIA dan mantan Wakil Asisten Sekretaris Pertahanan Timur Tengah di bawah pemerintahan Donald Trump, Mick Mulroy, memuji Burns sebagai pilihan yang sangat baik untuk menjabat CIA. Menurutnya, Burns memiliki karier yang luar biasa sebagai diplomat yang memberinya pengetahuan mendalam mengenai beberapa masalah keamanan nasional paling kritis yang selama ini dihadapi. Ia juga menambahkan pemilihan Burns menunjukkan betapa pentingnya pandangan administrasi yang masuk terhadap peran CIA dalam upaya keamanan nasional secara keseluruhan.

Selama 4 tahun terakhir belakangan, CIA mendapati dirinya terlibat secara tidak nyaman dalam politik dalam negeri serta dituding oleh Trump dan sekutunya untuk berusaha menjadikan dia sebagai agen Rusia serta mewakili keadaan dalam yang bertekad merusak kebijakannya. Pekerjaan CIA kemungkinan akan melangkah lebih jauh di bawah pemerintahan Biden karena Biden sendiri tidak mungkin untuk mengungkapkan secara terbuka dengan Direktur CIA atau menyerangnya di media sosial, seperti yang dilakukan oleh Trump berulang kali selama masa kepemimpinannya.

Baca Juga: Pemimpin Dunia Ramai-Ramai Kutuk Demonstrasi Tolak Biden di Capitol

3. Jejak karier William Burns selama ini sebagai diplomat

Jelang Pelantikan Biden Tunjuk William Burns Jadi Direktur CIAPejabat diplomat Amerika Serikat, William Burns. (Twitter.com/USGLC)

Sepanjang kariernya sebagai seorang diplomat dalam 33 tahun terakhir di Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat, Burns telah menjabat dalam berbagai jabatan senior di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat di bawah beberapa pemerintahan dan terakhir sebagai mantan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat era pemerintahan Presiden Amerika Serikat saat itu, Barack Obama. Burns pernah menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif Departemen Luar Negeri dari tahun 1996-1998, Duta Besar Amerika Serikat untuk Yordania dari tahun 1998-2001, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Timur Tengah dari tahun 2001-2005, Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia dari 2005-2008, dan Wakil Menteri Luar Negeri untuk urusan politik pada tahun 2008-2011.

Burns pensiun dari Dinas Luar Negeri Amerika Serikat pada tahun 2014 dan saat ini menjabat dalam sebuah lembaga wadah pemikir kebijakan luar negeri non-partisan sebagai Presiden Carnegie Endowment for International Peace. Direktur CIA mungkin adalah jabatan paling terkenal yang belum diisi oleh Biden selama berminggu-minggu lamanya. Pilihan tersebut akhirnya terbukti menjadi salah satu yang paling sulit yang dihadapi Presiden Amerika Serikat terpilih saat ia mengumpulkan tim keamanan nasional dan kebijakan luar negeri.

Baca Juga: Joe Biden Disahkan Kongres sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya