Karena Bermain "Escape Room", 5 Remaja Polandia Dikabarkan Tewas

Semua korban tewas merupakan remaja wanita berusia 15 tahun

Koszalin, IDN Times - Permainan "Escape Room" ternyata memakan korban, tepatnya di Polandia. Pasalnya, permainan tersebut membuat 5 orang remaja wanita yang semuanya berusia 15 tahun tewas di tempat kejadian dan membuat heboh Polandia. Bagaimana awal ceritanya?

1. Korban ditemukan setelah para petugas pemadam berhasil memadamkan api

Karena Bermain Escape Room, 5 Remaja Polandia Dikabarkan Tewastwitter.com/BuzzFeedWorld

Dilansir dari Aljazeera.com, sebuah kebakaran terjadi di tempat permainan "Escape Room" yang berada di kota Koszalin, Polandia Utara, pada hari Jumat, 4 Januari 2019, lalu. Kejadian ini sendiri menyebabkan 5 orang tewas dan 1 orang mengalami luka parah. Pihak kepolisian mengatakan korban-korban tewas ditemukan setelah para pemadam kebakaran berhasil memadamkan api di lokasi kejadian yang dimulai pada pukul 17:00 waktu setempat.

Pihak kepolisian dan petugas pemadam kebakaran saat ini sedang menyelidiki proses ruangan yang dipakai para korban dapat terbakar. "Kami bergabung dengan keluarga para korban dalam kesedihan mereka. Kebakaran terjadi pada jam 5 sore di salah satu ruang pelarian di Koszalin.

"Ada lima korban, semuanya masih remaja. Kami telah memberikan perawatan psikologis dan kejiwaan kepada keluarga," ungkap pernyataan Walikota Koszalin, Piotr Jedlinski, seperti yang dikutip dari CNN

2. Juru bicara kepolisian mengungkapkan para korban di tempat tersebut sedang merayakan ulang tahun

Karena Bermain Escape Room, 5 Remaja Polandia Dikabarkan Tewastwitter.com/BNONews

Juru bicara kepolisian Koszalin, Monika Kosiec, mengatakan para korban diperkirakan berada di tempat tersebut untuk perayaan ulang tahun. Ia juga menambahkan pria yang mengalami luka-luka tersebut diketahui berusia 25 tahun. Seorang juru bicara petugas pemadam kebakaran regional, Tomasz Kubiak, mengatakan mayat-mayat tersebut ditemukan di sebuah ruangan yang berada di dekat api tetapi tidak terkena dampaknya.

"Pimpinan Leszek Suski (komandan brigade pemadam kebakaran Polandia) telah mengeluarkan keputusan bahwa mulai besok semua tempat "Escape Room", pusat permainan, dan klub akan menjalani inspeksi keselamatan kebakaran dengan perhatian khusus pada rencana evakuasi, rute pelarian di lokasi semacam ini. Seharusnya ada moderator di setiap lokasi yang bisa membuka kunci kamar dan membiarkan orang keluar.

"Kami akan memeriksa ini dan akan dikontrol dengan ketat," ungkap pernyataan dari Tomasz Kubiak seperti yang dikutip dari CNN.

Sampai saat ini, menurut kantor berita pemerintah Polandia mengatakan mereka semua tewas diperkirakan karena menghirup gas asfiksasi karbon monoksida. Menteri Dalam Negeri Polandia, Joachim Brudzinski, memerintahkan pemeriksaan keselamatan kebakaran diadakan di semua lokasi "Escape Room" di Polandia. 

Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengatakan kejadian ini merupakan tragedi yang menghancurkan di Koszalin. Ia juga tak lupa mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya 5 remaja wanita tersebut.

3. Apakah itu permainan Escape Room?

Karena Bermain Escape Room, 5 Remaja Polandia Dikabarkan Tewastwitter.com/mlnangalama

Permainan "Escape Room" adalah permainan puzzle berbasis tim di kehidupan nyata, dimana seorang pemain terkunci di dalam ruangan dan harus memecahkan teka-teki bersama untuk keluar. Ini adalah kegiatan permainan tim yang luar biasa dan sangat menyenangkan, terutama jika suka memainkan permainan puzzle. Elemen-elemen dari permainan "Escape Room" diantaranya adalah:

  • Sebuah tim masing-masing memiliki 4 atau 12 pemain, meskipun beberapa ruangan dapat dilakukan dengan sedikitnya 2 orang. Kerjasama tim benar-benar diperlukan karena beberapa pemain dalam tim akan menemukan barang-barang tertentu yang dapat membantu anggota tim lainnya.
  • Ini biasanya untuk "melarikan diri" dari ruangan, yang akan melibatkan mereka saat menemukan kunci, kombo kunci, atau mengaktifkan semacam mekanisme yang akan membuka kunci pintu akhir.
  • Sebuah cerita menjadi sebuah tema bagi "Escape Room". Beberapa dari tema ini adalah cerita, dimana anda dapat memainkan semacam karakter yang terperangkap dalam sebuah tanda huruf "X" dan perlu mencari tahu sendiri.
  • Ruangan yang didekorasi akan disesuaikan dengan semacam tema. Pada umumnya, suasana atau dekorasi penjara dengan interior beton yang kotor dengan jeruji besi nyata.
  • Beberapa teka-teki yang dapat dimainkan diantaranya menemukan benda tersembunyi di sekitar ruangan, mengisi teka-teki silang kecil, pencocokan dan pengenalan pola, sandi, penalaran visual dan spasial, menyusun benda-benda fisik terkait, dan lain-lain.
  • Khusus untuk paruh pertama dalam permainan, anda dapat mengharapkan banyak teka-teki di sekitar ruangan yang harus dipecahkan. Ketika permainan berakhir, teka-teki ini akan cocok menjadi urutan linear teka-teki yang akan mengarah ke jalan keluar akhir.
  • Waktu permainan ini sendiri hanya terjadi selama 60 menit untuk bisa melarikan diri. 

Baca Juga: Main Game Jadi Lebih Seru! Ini 7 Game Multiplayer Bluetooth Terbaik

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya