Kecelakaan Kereta Api Cepat di Turki Tewaskan 9 Orang

Kejadian ini terjadi di stasiun kereta 8 km dari Ankara

Ankara, IDN Times – Peristiwa kecelakaan kereta api cepat terjadi di Turki, tepatnya di ibukota Turki, Ankara. Kecelakaan tersebut menewaskan sebanyak 9 orang serta 47 orang lainnya mengalami luka-luka. Bagaimana awal mula kejadian ini?

1. Kereta tersebut bertabrakan dengan kereta api lain serta jembatan penyeberangan

Kecelakaan Kereta Api Cepat di Turki Tewaskan 9 Orangtwitter.com/HDNER

Dilansir dari The Guardian hari Kamis (13/12), sebuah kereta berkecepatan tinggi di Turki bertabrakan dengan kereta api cepat lainnya serta jembatan penyeberangan pejalan kaki di sebuah stasiun kereta api di Ankara, Turki, telah menewaskan 9 orang dan 47 orang lainnya mengalami luka-luka.

Sebuah rekaman video menunjukkan para pekerja darurat di tempat kejadian bekerja melakukan evakuasi para penumpang dari gerbong-gerbong yang terperangkap di bawah puing-puing besi di sekitar jembatan layang di stasiun kereta Marsandiz. Kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 06:30 pagi waktu setempat dan kereta yang mengalami kecelakaan adalah rute Ankara-Konya.

Baca Juga: Penembakan di Strasbourg Tewaskan 3 Orang, Pelaku Masih Berkeliaran

2. Gubernur Ankara berharap jumlah korban tewas tidak bertambah

Kecelakaan Kereta Api Cepat di Turki Tewaskan 9 Orangtwitter.com/timesofindia

Gubernur Ankara, Vasip Sahin, mengatakan kereta itu melakukan perjalanan dari Ankara menuju Konya dan berharap jumlah korban tewas tidak semakin bertambah.

"Harapan kami adalah jumlah orang mati tidak bertambah, tetapi unit kami bekerja. Setelah pekerjaan mereka selesai, kami akan dapat membagikan lebih banyak informasi," ungkap Vasip Sahin seperti yang dikutip dari CNN.

Menteri Transportasi Turki, Cahit Turhan, mengatakan ada 3 orang masinis termasuk dalam 9 korban tewas dalam kecelakaan ini. Badan Anadolu melaporkan sebanyak 206 orang penumpang ada di dalam kereta.

Upaya pencarian korban masih berlangsung hingga saat ini. Kantor Kejaksaan Negara Ankara mengatakan telah meluncurkan penyelidikan resmi atas penyebab kecelakaan tersebut.

3. Sudah beberapa kali kecelakaan kereta api terjadi di Turki

Kecelakaan Kereta Api Cepat di Turki Tewaskan 9 Orangtwitter.com/FiratKozok

Ini bukan merupakan yang pertama kalinya kejadian kecelakaan kereta api di Turki tahun ini. Pada bulan Juli 2018 lalu, sebanyak 10 orang tewas dan 70 orang lainnya mengalami luka-luka ketika kereta api tergelincir di Turki Barat Laut setelah hujan lebat menyebabkan sebagian rel kereta api runtuh.

Bulan November 2018 lalu, sebuah kereta api bertabrakan dengan kereta barang yang menyebabkan 15 orang luka-luka di Provinsi Sivas, Turki Tengah. Seperti yang diketahui, kota Konya adalah rumah bagi makam Sufi dan penyair Rumi yang mampu menarik ribuan peziarah dan turis asing maupun lokal.

Baca Juga: Usai Gerakan "Rompi Kuning", Édouard Philippe Janjikan Persatuan

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya