Krisis Pasokan, McDonald's Jepang Jual Kentang Goreng Kecil

McDonald's telah alami keterlambatan pengiriman kentang

Tokyo, IDN Times - Karena mengalami kekurangan rantai pasokan global, restoran cepat saji McDonald's di Jepang terpaksa hanya menjual kentang goreng berukuran kecil dalam beberapa waktu ke depan. Tak lain karena McDonald's telah mengalami keterlambatan pengiriman kentang.

1. Bencana banjir di Kanada yang menyebabkan masalah tersebut 

Dilansir dari The Guardian, McDonald's Jepang mengatakan pada Rabu (22/12/2021) waktu setempat hanya akan menjual kentang goreng berukuran kecil selama seminggu mulai Jumat (24/12/2021) ini untuk menghindari kekurangan.

"Karena banjir skala besar di dekat Pelabuhan Vancouver, Kanada, serta krisis rantai pasokan global yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 sehingga ada penundaan pasokan kentang," ungkap pernyataan dari pihak McDonald's Jepang yang dilansir dari The Guardian.

Perusahaan mengatakan telah mengambil tindakan untuk memastikan bahwa pelanggan masih dapat memesan kentang goreng, meskipun pengadaan bahan sumber daya yang stabil terbukti sulit.

Rantai tersebut juga pernah mengalami masalah serupa pada Desember 2014 lalu karena perselisihan perburuan yang terjadi di sisi lain Pasifik.

2. Pihak McDonald's Jepang mengambil langkah darurat dengan mengimpor sebanyak 1.000 ton kentang goreng 

Baca Juga: Viral di TikTok, Resep Nugget McD dari Roti Tawar yang Lembut

Lebih dari 3.000 restoran McDonald's di Jepang, yang tak lain adalah pasar Asia terbesar untuk produk kentang beku AS, mengatakan mereka hanya akan menjual kentang goreng dalam porsi kecil di tengah perselisihan yang berlarut-larut antara 20 ribu pekerja dok dan operator terminal serta jalur pelayaran di 29 pelabuhan pantai barat AS.

Sebagai tanggapan, McDonald's Jepang mengambil langkah darurat dengan mengimpor 1.000 ton kentang goreng beku melalui udara.

Pembatasan terbaru datang selama periode akhir tahun yang sibuk dengan liburan sekolah dan kantor.

Ini juga akan diadakan pada Hari Natal, biasanya dirayakan di Jepang dengan sajian makanan cepat saji AS lainnya, KFC, yang banyak dipasarkan selama periode perayaan.

3. Pada Agustus 2021 lalu, McDonald's di Inggris juga mengalami masalah rantai pasokan sebelumnya

Krisis Pasokan, McDonald's Jepang Jual Kentang Goreng KecilRestoran cepat saji McDonald's. (Pixabay.com/KelvinStuttard)

Pada Agustus 2021 lalu, menu milkshake tidak ada dalam menu di McDonald's di Inggris, Skotlandia, dan Wales, yang membuat pelanggan jelas tidak menyukainya setelah masalah rantai pasokan.

Rantai makanan cepat saji juga dibiarkan tanpa minuman kemasan di 1.250 gerainya di Inggris saat itu.

Hal ini diduga disebabkan oleh kekurangan pengemudi truk karena aturan imigrasi Uni Eropa pasca-Brexit, pembatasan COVID-19, dan panduan isolasi diri.

Tak hanya McDonald's, restoran Nando's terpaksa menutup sekitar 50 restorannya karena kekurangan ayam. Hal ini menyalahkan kekurangan staf di pemasok dan berkurangnya jumlah pengemudi truk.

Begitu juga dengan restoran KFC yang juga mengatakan baru-baru ini bahwa masalah rantai pasokan berarti tidak dapat menyimpan beberapa item menu.

Baca Juga: Kerumunan BTS Meal, 12 Gerai McD Kota Bandung Diminta Bayar Denda

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya