Mengenal Alexandria Ocasio-Cortez, Anggota Kongres AS Termuda

Ia merupakan wanita termuda sepanjang sejarah kongres AS

Washington D.C., IDN Times - Seluruh anggota Kongres Amerika Serikat ke-116 telah dilantik pada hari Kamis, 3 Januari 2019, waktu setempat. Salah satu anggota Kongres yang mencuri perhatian adalah Alexandra Ocasio Cortez, yang merupakan wanita termuda sepanjang sejarah Kongres Amerika Serikat. Berikut profil lengkap dari Alexandra Ocasio Cortez.

1. Alexandra tak berasal dari keluarga yang berada, ia dan keluarganya berasal dari masyarakat biasa

Mengenal Alexandria Ocasio-Cortez, Anggota Kongres AS Termudatwitter.com/Gjallarhornet

Dilansir dari situs resmi milik Alexandra Ocasio Cortez, Ocasio2018.com, ia lahir di daerah Bronx dari dua orangtuanya kelas pekerja pada tanggal 13 Oktober 1989. Ayahnya adalah seorang pemilik usaha kecil dan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga dan lahir di Puerto Rico sehingga Alexandra memiliki darah Amerika Latin dari ibunya. Sejak usia dini, Alexandra tumbuh dengan pemahaman dalam hal ketimpangan pendapatan. 

Keadaan sekolah-sekolah yang ada di Bronx pada akhir 80-an dan awal 90-an membuat orang tuanya mencari solusi. Pada akhirnya, kedua orang tuanya memutuskan untuk mengirimkan Alexandra bersekolah di Yorktown. Sebagian besar kehidupan awalnya dihabiskan dalam perjalanan antara keluarga besarnya di Bronx dan kehidupan sebagai mahasiswa sehari-hari. 

Alexandria sendiri melanjutkan perguruan tingginya di Boston University, di mana ia mendapatkan gelar di bidang Ekonomi dan Hubungan Internasional. Ia bekerja untuk mendiang Senator Kennedy mengenai urusan luar negeri dan tugas imigrasi untuk beberapa keluarga konstituen. 

2. Ia sempat bekerja shift di restoran untuk menghidupi kebutuhan keluarganya

Mengenal Alexandria Ocasio-Cortez, Anggota Kongres AS Termudatwitter.com/Gjallarhornet

Setelah lulus, Alexandra kembali ke Bronx dan mulai mengejar pekerjaan di bidang-bidang yang berdampak pada pertumbuhan keluarganya sendiri seperti pendidikan dan pengorganisasian masyarakat. Sebagai Direktur Pendidikan, ia bekerja dengan pemuda sekolah menengah yang menjanjikan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam kepemimpinan masyarakat dan usaha sosial. Dia juga memimpin proyek-proyek untuk membantu meningkatkan keterampilan dalam melek huruf pada anak-anak dan menulis untuk siswa sekolah menengah di Bronx.

Ketika pasar mengalami ambruk pada tahun 2008, ayah Alexandria meninggal karena kanker. Usianya saat itu baru menginjak 48 tahun. Keluarganya tiba-tiba dilemparkan ke dalam krisis ekonomi setelah kehilangan sumber pendapatan utama di tengah resesi.

Ketika perekonomian keluarga sedang terpuruk, Alexandria mendapati dirinya mengerjakan dua pekerjaan dan shift 18 jam di restoran untuk membantu keluarganya menjaga rumah mereka. Pengalaman itu menempatkan Alexandria di sisi lain dari hukum dan kebijakan, saat ia beralih dari meninjau hasil ekonomi menjadi memiliki pengalaman langsung dengan keluarga yang berjuang untuk mempertahankan perumahan yang layak, layanan kesehatan, dan status imigrasi.

Pengalaman ganda itu telah memberinya pemahaman yang jauh lebih tentang bagaimana kebijakan memengaruhi keluarga di luar kertas putih. Adalah satu hal untuk menulis kebijakan perawatan kesehatan yang sepenuhnya merupakan masalah lain jika harus berurusan dengan sistem perawatan kesehatan, perumahan, dan pendidikan sendiri. 

3. Kini ia sudah menjadi anggota Kongres Amerika Serikat pada periode ini

Mengenal Alexandria Ocasio-Cortez, Anggota Kongres AS Termudatwitter.com/promuzi

Alexandra akhirnya lolos sebagai anggota Kongres Amerika Serikat ke-116 setelah menang di negara bagian New York. Hasil yang diraih ini membuat Alexandra merupakan wanita termuda di Kongres Amerika Serikat, dimana Alexandra saat ini sudah berusia 29 tahun. Sejak hari Kamis, 3 Januari 2019, Alexandra resmi dilantik dan memulai tugasnya sebagai anggota Kongres Amerika Serikat hingga tahun 2021.

Melihat sepak terjang yang dilalui Alexandra hingga akhirnya seperti ini menyimpulkan bahwa tidak ada kata menyerah untuk bisa mencapai tahap akhir seperti yang dirasakan oleh Alexandra saat ini. 

Baca Juga: Pelantikan Kongres Amerika Serikat Ke-116 Ini Lebih Menarik, Kenapa?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya