Comscore Tracker

Penasihat Utama Presiden Ukraina Ditembak Saat Berkendara

Lebih dari 10 peluru telah ditemukan pada peristiwa itu

Jakarta, IDN Times - Sebuah serangan penembakan terjadi di Ukraina pada Rabu (22/9) waktu setempat di mana kali ini menargetkan seorang penasihat utama Presiden Ukraina saat sedang berkendara. Dalam peristiwa tersebut, ditemukan lebih dari 10 peluru menghantam mobil yang dikendarainya.

1. Kepolisian setempat mengatakan peristiwa ini masuk ke dalam kasus pidana pembunuhan berencana 

Dilansir dari Aljazeera.com, beberapa tembakan telah diarahkan ke sebuah mobil yang membawa penasihat utama Presiden Ukraina dalam apa yang disebut seorang pejabat senior sebagai upaya pembunuhan.

Lebih dari 10 peluru menghantam mobil tersebut selama peristiwa yang terjadi pada Rabu waktu setempat di dekat Desa Lesnyky, sekitar 5 km di luar ibu kota Ukraina, Kyiv.

Sopir kendaraan mengalami luka-luka dalam peristiwa itu. Pernyataan kepolisian setempat mengatakan kasus pidana atas dugaan pembunuhan berencana telah dibuka.

Seorang legislator yang mewakili Partai Servant of the People mengatakan ajudannya, Serhiy Shefir, tidak terluka. Shefir merupakan salah satu pejabat yang paling dekat dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, serta memimpin sekelompok penasihat.

Peristiwa itu juga terjadi bertepatan ketika Zelensky berada di New York, Amerika Serikat, untuk menghadiri pertemuan Majelis Umum PBB, di mana dia mengatakan bahwa dia berencana untuk berbicara menentang intervensi militer Rusia di Ukraina Timur serta untuk menggalang dukungan diplomatik untuk Ukraina.

Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, dalam sebuah pernyataan singkat mengatakan ini merupakan kasus serius dan upaya pembunuhan yang nyata.

2. Presiden Ukraina mengatakan serangan itu sebagai pesan untuknya secara pribadi 

Baca Juga: Ukraina: Pemboman Dnipro Tewaskan 2 Pekerja Negara

Dalam sebuah pesan video dari New York, Zelensky mengatakan bahwa serangan itu sebagai pesan untuknya secara pribadi, tetapi bersikeras bahwa siapa pun yang berada di baliknya, dia tidak akan terhalang dari upaya untuk memodernisasi ekonomi Ukraina dan mengatasi kriminalitas.

Zelensky juga mengatakan dia akan segera kembali ke Kyiv setelah pidatonya yang dijadwalkan pada Rabu waktu setempat.

Gerashchenko mengatakan mobil yang dikendarai Shefir tidak berlapis baja dan dia juga tidak menggunakan detail keamanan apa pun.

Tembakan tersebut tampaknya terjadi pukul 10 pagi waktu setempat oleh seseorang atau orang-orang yang bersembunyi di hutan di tepi jalan.

Pejabat Ukraina memperingatkan masyarakat sekitar untuk tidak berspekulasi tentang siapa yang berada di balik peristiwa itu, bahkan ketika gambar mobil yang dipenuhi peluru juga disiarkan di seluruh Ukraina.

Di hari yang sama, Shefir muncul di sebuah konferensi pers di Kyiv dengan memuji pekerjaan para responden darurat serta sopirnya, yang dinilainya telah menangani dirinya sendiri seperti seorang pahlawan.

Pekan ini, parlemen Ukraina akan membahas undang-undang Presiden yang ditujukan untuk mengurangi pengaruh oligarki.

Penasihat Zelensky lainnya, Mykhailo Podolyak, mengatakan bahwa motivasi penembakan itu adalah upaya Presiden untuk melawan oligarki.

Podolyak menambahkan serangan terbuka telah disengaja dan sangat kejam dengan senjata otomatis yang tidak dapat dikualifikasikan secara berbeda daripada sebagai percobaan pembunuhan anggota tim kunci.

3. Adanya kemungkinan Rusia terlibat dalam peristiwa itu

Penasihat Utama Presiden Ukraina Ditembak Saat BerkendaraBendera Rusia. (Pixabay.com/Fotiniya)

Ketua Partai Servant of the People, Oleksandr Korniienko, sementara itu menilai kemungkinan keterlibatan Rusia dalam peristiwa itu.

Menurut Korniienko, jejak Rusia seharusnya tidak sepenuhnya disampingkan dan pihaknya tahu kemampuan mereka untuk mengatur serangan teroris di berbagai negara.

Namun juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan pernyataan tersebut seperti sangat melenceng. Ia menilai mereka tidak ada hubungannya dengan kenyataan.

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir setelah aneksasi Rusia atas Semenanjung Krimea pada awal tahun 2014 lalu serta dukungan Kremlin terhadap pasukan separatis yang memerangi pasukan Ukraina di Donbas.

Pemberontak merebut petak wilayah tersebut pada April 2014 lalu, beberapa minggu setelah Rusia merebut Semenanjung Krimea Laut Hitam.

Hubungan antara Shefir dengan Zelensky sebelumnya sudah terjalin sejak lama, di mana Shefir merupakan produser di acara komedi "Servant of the People" yang berhasil hits saat itu, di mana Zelensky, yang merupakan seorang komedian, berperan sebagai guru sekolah yang diangkat ke kursi kepresidenan.

Setelah Zelensky berhasil memenangkan Pemilu Presiden Ukraina sebenarnya pada tahun 2019 lalu, ia menempatkan sejumlah mantan rekan bisnis di dunia hiburan selama dia berkarier untuk ditempatkan di posisi kepemimpinan utama.

Baca Juga: Ukraina: Pemboman Dnipro Tewaskan 2 Pekerja Negara

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya