Bitcoin Semakin Mendunia, Penemunya Justru Dituntut Rp140 Triliun

Ada yang pakai bitcoin gak di sini?

Florida, IDN Times - Dalam beberapa tahun terakhir ini, Bitcoin semakin dikenal di beberapa negara dunia. Bahkan saking dikenal luasnya mata uang digital satu ini, tak jarang mendapatkan penolakan dari beberapa negara.

Meski demikian, eksistensi Bitcoin pun tak tergoyahkan hingga saat ini. Apa yang dialami penemu Bitcoin yang satu ini justru tragis. Pasalnya ia dituntut Rp140 triliun. Apa sebabnya?

1. Ia dituduh mencuri bitcoin milik rekan bisnisnya sendiri

Bitcoin Semakin Mendunia, Penemunya Justru Dituntut Rp140 Triliunforbes.com

Dilansir dari Telegraph, penemu bitcoin, Craig Wright, atau yang biasa dikenal dengan Satoshi Nakamoto dituduh mencuri bitcoin milik rekan bisnisnya sendiri bernama David Kleiman. Tak tanggung-tanggung, Wright dituntut sebesar 10 miliar dolas AS atau setara Rp142 triliun oleh keluarga Kleiman.

Wright pada saat itu diduga memalsukan dokumen mengenai aset kepemilikan W&K Info Defence Research LLC. Dalam dokumen tersebut, Wright diberikan bitcoin senilai 1,1 juta bitcoin atau setara dengan jumlah tuntutan keluarga Kleiman terhadap dirinya.

Kejadian ini sendiri terjadi pada tahun 2013 dan keluarga Kleiman melampirkan berbagai bukti, baik itu email yang masih tersimpan. Dalam email itu, Kleiman memegang 300 ribu bitcoin sedangkan untuk Wright sendiri memiliki sisanya.

Alasan Wright berdasarkan dari email tersebut adalah jumlah yang didapatkannya belum dikurangi dari kebutuhan perusahaan.

2. Pengadilan belum memutuskan vonis terhadap Wright atas kasus ini

Bitcoin Semakin Mendunia, Penemunya Justru Dituntut Rp140 Triliunibtimes.com

Sampai saat ini, pengadilan setempat yang menangani kasus ini belum memberikan vonis terhadap Wright. Sebelumnya, Wright juga dipanggil ke pengadilan beberapa pekan lalu.

Dari perusahaan yang dibangun bersama oleh Wright dan Kleiman, mereka berdua terlibat satu sama lain dalam penambangan bitcoin. Sayangnya, Kleiman meninggal terlebih dahulu pada tahun 2013 lalu akibat penyakit komplikasi.

Beberapa ahli angkat bicara mengenai kasus ini dan menuding kalau kasus yang digugat oleh pihak keluarga Kleiman tidak memiliki dasar hukum. Rupanya, semasa Kleiman masih hidup, tidak pernah memberi tahu kepada keluarganya sendiri mengenai sumber kekayaan yang dia dapatkan selama ini, dan tidak menyadari kalau Kleiman pernah terlibat dalam bitcoin.

Namun, beberapa bulan kemudian Wright mencoba menjelaskan kepada saudara Kleiman, Ira, mengenai pekerjaan antara dirinya dengan Kleiman. Jika Wright terbukti bersalah, maka kasus ini bisa saja berpengaruh terhadap para perusahaan blokchain lainnya.

3. Sejarah penemuan bitcoin

Bitcoin Semakin Mendunia, Penemunya Justru Dituntut Rp140 Triliunbitnewsbot.com

Bitcoin sendiri ditemukan pada tahun 2009 lalu. Saat itu Bitcoin masih belum terlalu populer. Nama Satoshi Nakamoto juga diidentifikasi sebagai penemu Bitcoin. Akan tetapi beberapa tahun lalu masih misterius karena belum berani menampakkan diri ke publik.

Hingga pada akhirnya, Craig Wright, merupakan pemilik nama samaran Satoshi Nakamoto muncul di permukaan publik. Banyak orang yang mengira dilihat dari namanya saja penemu bitcoin sudah dipastikan berasal dari Jepang.

Popularitas Bitcoin sendiri dimulai pada tahun 2017 lalu. Sehingga nama Wright sendiri berhasil masuk ke dalam jajaran orang terkaya dunia dengan menempati 250 besar dunia dan tercatat memiliki kekayaan sebesar 5,9 miliar dolar AS atau setara Rp81 triliun, dilansir dari Forbes.com.

Akan tetapi, munculnya Wright di depan publik justru membuat dirinya harus tersandung masalah hukum yang dihadapinya saat ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya