Comscore Tracker

Pertama Kali dalam 30 Tahun, Somalia Putarkan Film di Bioskop

Penayangan film pertama itu berada dalam penjagaan ketat

Jakarta, IDN Times - Somalia akhirnya kembali memutar film publik di bioskop pada Rabu (22/9/2021) untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir ini. Meski demikian, penayangan film tersebut mendapatkan penjagaan yang sangat ketat.

1. Bioskop menjadi sasaran bom bunuh diri oleh para panglima perang 

Dilansir dari BBC, keputusan Somalia menayangkan kembali film publik meningkatkan harapan terhadap kebangkitan budaya di negara yang sedang dilanda perang. 

Dua film pendek karya sutradara Somalia, Ibrahim CM, diputar di Teater Nasional di Mogadishu, ibu kota Somalia, di mana pengamanan ketat diberlakukan. Hal itu karena bioskop merupakan sasaran bom bunuh diri dan pangkalan bagi para panglima perang.

Direktur Teater Nasional, Abdikadir Abdi Yusuf, menyebut malam itu sebagai malam bersejarah bagi warga Somalia. Pemutaran film menunjukkan bagaimana harapan masyarakat bisa dihidupkan kembali setelah bertahun-tahun disibukkan dengan perang. 

Mogadishu sendiri merupakan rumah bagi banyak gedung bioskop selama masa kejayaan budayanya dan Teater Nasional, yang dibangun oleh para insinyur dari China sebagai hadiah dari Mao Zedong pada 1967 lalu.

Akan tetapi, Mogadishu menjadi mencekam setelah adanya perang saudara yang meletus pada 1991 lalu.

Bioskop sempat dibuka kembali pada 2012 lalu, namun kelompok jihadis Al-Shabaab justru meledakkan gedung tersebut hanya dalam kurun waktu 2 minggu setelah dibuka.

Kelompok tersebut melancarkan serangan rutin di Mogadishu dan menganggap hiburan sebagai kejahatan.

Baca Juga: Somalia: Presiden Cabut Kekuasaan Perdana Menteri

2. Ada warga yang masih takut menonton bioskop

Seorang penggemar film bernama Osman Yusuf Osman mengakui ia sering menonton konser, drama, pertunjukan seni, tarian rakyat, serta film di Teater Nasional. Ia merasa sedih ketika melihat Mogadishu tidak memiliki kehidupan malam seperti dulu, tetapi ini adalah awal yang baik.

Namun, ada juga yang merasa lebih berhati-hati serta khawatir mengenai keselamatannya. Seperti yang diungkapkan oleh seorang perempuan bernama Hakimo Mohamed, di mana saat masih bersekolah ia bersaman teman-temannya terbiasa menonton konser dan drama di Teater Nasional. Tetapi, dia merasa situasi saat ini belum begitu aman. 

Para jihadis telah diusir dari Mogadishu satu dekade lalu, tetapi tetap menguasai petak-petak pedesaan.

Para penonton harus melewati beberapa pos pemeriksaan keamanan sebelum tiba di bioskop, di dalam kompleks yang dijaga ketat yang mencakup istana Presiden dan parlemen Somalia.

Untuk bisa menyaksikan film-film tersebut, penonton harus mengeluarkan uang sebesar 10 dolar AS (setara Rp142,1 ribu)

Tetapi, bagi sebagian orang, ketidaknyamanan dan risikonya tidak seberapa jika dibandingkan dengan antisipasi menonton film di bioskop setelah penantian yang begitu lama.

Baca Juga: AS: Yaman, Suriah, Somalia, Irak Jauh Lebih Berbahaya dari Afghanistan

3. Sekitar Juli 2020 lalu, Somalia telah membuka kembali teater yang megah di Mogadishu 

Pertama Kali dalam 30 Tahun, Somalia Putarkan Film di BioskopPembukaan kembali Teater Nasional di Mogadishu, Somalia, oleh Presiden Somalia, Mohammed Abdullahi, pada Juli 2020 lalu. (Twitter.com/TheatreSomalia)

Sekitar Juli 2020 lalu, Somalia akhirnya membuka kembali teater yang megah di wilayah ibu kota Somalia, sebagai simbol budaya di jantung kota yang sering ditandai dengan kekerasan.

Teater tersebut panggungnya ditopang oleh pilar-pilar kuning cerah dan didekorasi dengan warna biru muda dari bendera nasional.

Direktur Teater Nasional mengatakan, butuh 1.000 perjalanan truk untuk membersihkan sampah dan pasir yang menumpuk di gedung sejak terjadi perebutan dengan kelompok jihadis. 

Dia mengatakan pasukan keamanan akan melindungi bioskop dan bahkan virus COVID-19 tidak akan menghalangi mereka untuk mengadakan pertunjukan.

Presiden Somalia, Mohammed Abdullahi, bergabung dengan paduan suara di atas panggung selama upacara menandai pembukaan resmi pada saat itu.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Somalia, Kelezatannya Bikin Lidah Terkejut!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya