Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim

Sebelumnya, aturan tersebut diubah pada awal tahun ini

Warsawa, Polandia, IDN Times - Polandia kembali mengubah aturan kebijakan usia pensiun seorang hakim sesuai dengan Pengadilan Eropa. Pasalnya, jika sebelumnya usia pensiun mencapai 65 tahun dengan protes keraas para hakim, kini Polandia mengembalikan aturannya menjadi maksimum usia 70 tahun. Bagaimana awal ceritanya?

1. Akhirnya beberapa hakim yang dipaksa pensiun kembali bekerja

Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakimupi.com

Dilansir dari Telegraph, pemerintah Polandia tampaknya tunduk dengan peraturan Pengadilan Eropa atas perubahan yang menimbulkan kontroversial di kalangan hakim. Hal ini menimbulkan kekhawatiran atas proses independensi peradilan di Polandia. Dengan kembali ke aturan yang lama, kini beberapa hakim yang dipaksa pensiun sebelumnya kembali bekerja. 

Pada hari Rabu waktu setempat, pemerintah mengajukan rancangan amandemen kepada parlemen mengenai Undang-Undang Pengadilan asli yang sebelumnya adalah 65 tahun menjadi 70 tahun. Aturan maksimal usia pensiun 65 tahun ini sendiri sebenarnya sudah diterapkan pada awal tahun ini, namun menimbulkan protes keras sehingga sebanyak puluhan hakim yang sudah melewati batas usia tersebut dipaksa pensiun dari profesi pekerjaannya.

2. Menteri Kehakiman Polandia mengatakan pemerintah telah menaati aturan Uni Eropa

Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakimft.com

Pemerintah Polandia telah menyatakan bahwa Undang-Undang itu diperlukan dengan membasmi hakim era komunis dan bahwa serangan terhadapnya datang dari Brussel lebih berkaitan dengan motif politik ketimbang legalitas. 

Namun berbicara di parlemen pada hari Rabu lalu, Menteri Kehakiman Polandia, Zibgiew Ziobro, mengatakan bahwa pemerintah Polandia telah menaati dan menghormati aturan dan prinsip Uni Eropa. Sebelumnya, hakim agung Malgorzata Gersdorf yang berusia 65 tahun menolak pensiun pada saat aturan tersebut diberlakukan dan menilai reformasi tersebut sebagai "pembersihan".

3. Meski kembali ke profesi lama mereka bukan jaminan kembali ke posisi saat menjabat terakhir

Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakimtwitter.com/cfcpac

Menurut peneliti Amnesty International untuk Polandia, Barbora Cernusakova, menilai pengembalian aturan lama soal maksimum pensiun usia hakim ini yang disampaikan pada hari Rabu lalu hanya membahas sebagian kecil dari kekhawatiran serta tidak sepenuhnya mempertimbangkan kekhawatiran Pengadilan Eropa. 

Meski para hakim yang sebelumnya dipaksa pensiun bisa kembali bekerja seiring aturan lama kembali dijalankan, namun itu juga tidak menjamin apakah mereka akan kembali menempati posisi jabatan terakhirnya. "RUU itu juga tidak menjamin mereka [para hakim] akan dipulihkan di posisi lama mereka," ungkap Cernusakova seperti yang dikutip dari Aljazeera.com. Selain itu juga, amandemen juga tidak menghilangkan apa yang disebut tindakan rekrutmen yang digunakan oleh pemerintah untuk menggantikan hakim yang ada dengan yang mereka pilih.

Baca Juga: Mirip Merah Putihnya Indonesia, Apa Beda Bendera Monaco dan Polandia?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya