Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, AS-Polandia Tandatangani Perjanjian

Dengan demikian, para tentara AS akan pindah ke Polandia

Washington D.C, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, sepakat menandatangani perjanjian di bidang pertahanan bersama Polandia yang diwakili oleh Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak.

Dengan demikian, kesepakatan kedua negara ini membuat para pasukan militer Amerika Serikat hengkang dari Jerman ke Polandia dan diperkirakan jumlah pasukan Amerika Serikat di sana mencapai 5.500 pasukan, seperti yang dilansir dari BBC.

1. Jika ada ancaman, kehadiran jumlah tentara Amerika Serikat dapat bertambah dengan cepat

Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, AS-Polandia Tandatangani PerjanjianPertemuan kedua negara antara Amerika Serikat-Polandia yang digelar di Washington D.C. Foto: twitter.com/SecPompeo

Mariusz Blaszczak, selaku Menteri Pertahanan Polandia, mengatakan jumlah tentara Amerika Serikat dapat meningkat dengan cepat apabila ada ancaman yang terjadi di negaranya. Dengan demikian, Polandia dianggap sebagai negara penting bagi milter Amerika Serikat yang ada di Eropa usai penandatangan hubungan di bidang pertahanan.

Tak hanya itu, dalam perjanjian tersebut menjelaskan bahwa Polandia merupakan markas besar pimpinan Korps V Angkatan Darat Amerika Serikat, di mana tempat utamanya berada di Fort Knox, Kentucky, Amerika Serikat. Sekitar 200 tentara sekarang akan menuju ke Polandia secara bergilir. Polandia sendiri memang sudah lama mendesak kehadiran secara permanen, yang dianggap sebagai jaminan terhadap potensi agresi Rusia.

2. Presiden AS, Donald Trump, kecewa terhadap Jerman yang gagal memenuhi target NATO

Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, AS-Polandia Tandatangani PerjanjianPresiden AS, Donald Trump, saat memimpin sebuah rapat pada bulan September 2019 lalu. Foto: facebook.com/DonaldTrump

Dilansir dari aljazeera.com, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sebelumnya mengaku kecewa atas Jerman yang dianggap gagal memenuhi target NATO mengenai pengeluaran dana pertahanan. Trump menambahkan seharusnya anggota NATO di Eropa harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk pertahanan mereka sendiri dan tidak selalu bergantung pada Amerika Serikat untuk menanggung biaya pertahanan aliansi.

Di sisi lain, Trump menilai perjanjian antara Amerika Serikat-Polandia ini untuk memperkuat pencegahan NATO, meningkatkan keamanan Eropa, serta membantu memastikan adanya demokrasi, kebebasan, dan kedaulatan. Para pejabat Jerman sangat menyayangkan terhadap langkah yang diambil Amerika Serikat dan menyatakan justru dapat melemahkan NATO dan menguatkan Rusia. 

3. Selain pertahanan, kesepakatan AS-Polandia juga memajukan aspek perdagangan dan investasi

Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, AS-Polandia Tandatangani PerjanjianPenandatanganan kerjasama bidang pertahanan kedua negara AS-Polandia di Washington D.C. Foto: twitter.com/SecPompeo

Selain di bidang pertahanan, kesepakatan Amerika Serikat-Polandia juga dapat memajukan aspek lain di bidan investasi dan perdagangan. Menteri Luar Negeri Polandia, Jacek Czaputowicz, mengatakan kehadiran tentara Amerika Serikat meningkatkan potensi pencegahan negaranya karena Polandia dekat dengan potensi sumber konflik, yang tentunya menganggu situasi perekonomian negaranya.

Usai acara penandatanganan, Mike Pompeo bergabung bersama Presiden Polandia, Andrzej Duda, dan para pejabat Polandia lainnya berkunjung ke makam para tentara Amerika Serikat untuk menandai peringatan 100 tahun kemenangan penting Polandia saat menghadapi Bolshevik Rusia pada tahun 1920 selama perang Polandia-Uni Soviet.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Ghetto Warsawa, Saksi Bisu Holocaust di Polandia 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya