Vatikan Nilai Beberapa Pejabat Gereja Abaikan Kasus Pelecehan Seksual

Salah satunya kasus yang terjadi pada tahun 1970-an lalu

Vatikan, IDN Times - Sebuah laporan dari Vatikan mengumumkan bahwa beberapa pejabat gereja dinilai telah mengabaikan kasus pelecehan seksual yang pernah terjadi. Salah satunya adalah kasus yang terjadi di tahun 1970an oleh seorang mantan uskup agung Washington D.C, Amerika Serikat, Theodore McCarrick. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pelanggaran yang dilakukan oleh Theodore McCarrick dianggap sudah terlalu lama

Vatikan Nilai Beberapa Pejabat Gereja Abaikan Kasus Pelecehan SeksualGedung Gereja St. Basilica di Vatikan. (Pixabay.com/Free-Photos)

Dilansir dari BBC, laporan dari Vatikan telah menemukan bahwa beberapa pejabat gereja, termasuk diantaranya 2 paus, belum lama ini mengabaikan tuduhan tentang seorang mantan Uskup Agung Washington DC, Theodore McCarrick, yang telah dinyatakan bersalah atas kasus pelecehan seksual. McCarrick telah dikeluarkan dari imamat setelah Vatikan telah menyelesaikan penyelidikannya sekitar tahun 2019 lalu. Saat ini, telah muncul laporan mengenai cara memperoleh kenaikan pangkat ditengah masalah yang diterpanya ketika itu.

Kasus ini sendiri telah menciptakan krisis kredibilitas bagi gereja sejak pihak Vatikan mendapatkan laporan dari para kardinal yang berwenang sejak tahun 1999 lalu bahwa perilaku McCarrick selama menjabat memiliki banyak masalah. Temuan ini sendiri menuduh para uskup yang sudah meninggal terlebih dahulu telah berdiam diri atas kesalahannya dan mengatakan McCarrick yang karismatik mengabaikan pembatasan informal yang diperintahkan pada tahun 2006 lalu.

2. Sebuah laporan yang menunjukkan Paus Yohanes Paulus II percaya dengan pengakuan McCarrick

Vatikan Nilai Beberapa Pejabat Gereja Abaikan Kasus Pelecehan SeksualGedung Gereja St. Basilica di Vatikan. (Pixabay.com/sebo106)

Sebuah laporan dengan tebal 450 halaman mencakup kesaksian dan lusinan surat serta transkrip dari arsip Vatikan dan Gereja Katolik Amerika Serikat. Dalam laporan tersebut menemukan bahwa Paus Yohanes Paulus II telah mempercayai penyangkalan yang disampaikan oleh McCarrick. Dalam transkrip tersebut, McCarrick mengakui telah membuat kesalahan dan terkadang kurang bijaksana, tetapi selama 70 tahun hidupnya, ia tak pernah melakukan hubungan seksual dengan siapapun, pria atau wanita, muda atau tua, pimpinan agama atau para jemaat. 

Akan tetapi, pengakuan tersebut justru mendapatkan tanda peringatan yang diabaikan dan dimaafkan sehingga kasus tersebut tutup di antara tahun 1992 dan 1993 ketika 6 surat anonim dikirim ke pejabat gereja Amerika Serikat. Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat telah menuduh McCarrick adalah seorang pedofil dengan para pria dewasa maupun pria muda. Alarm terus beranjut setelah seorang psikiater Katolik pergi ke Vatikan pada tahun 1997 untuk melaporkan bahwa seorang pasiennya merupakan korban pelecehan seksual McCarrick.

Baca Juga: Prancis Kembali Mencekam Usai Penembakan Pendeta Yunani di Gereja

3. Kasus bermula ketika menjadi seorang uskup di New York pada tahun 1970an

Vatikan Nilai Beberapa Pejabat Gereja Abaikan Kasus Pelecehan SeksualIlustrasi seorang pastor dalam memimpin ibadah. (Pixabay.com/12019)

Awal mula kasus ini terjadi pada tahun 1970an saat masih bekerja sebagai uskup di New York. Klaim tersebut telah dipublikasikan oleh Uskup Agung New York saat ini, Kardinal Timothy Dolan. Kardinal Dolan mengatakan badan forensik independen telah menyelidiki tuduhan tersebut.

Dewan peninjau pada tahun 2018 lalu, termasuk ahli hukum, psikolog, orang tua, dan seorang uskup, kemudian menemukan bahwa tuduhan itu dapat dipercaya dan dibuktikan. Saat itu, McCarrick mengatakan dia tidak ingat tentang pelecehan yang dilaporkan ini dan percaya bahwa dia tidak bersalah dalam kasus ini. Beberapa pria sejak itu menuduhnya melakukan pelecehan seksual di sebuah rumah pantai di New Jersey, Amerika Serikat, dimana dia diduga membawa mereka saat belajar imamat sebagai seminaris dewasa.

Seorang pria mengatakan ia diserang saat masih dibawah umur. Terungkap juga bahwa penyelesaian keuangan dicapai setidaknya dalam dua kasus dugaan pelanggaran seksual yang melibatkan McCarrick. Mereka melibatkan tuduhan pelecehan seksual dengan orang dewasa sekitar puluhan tahun lalu ketika McCarrick bekerja sebagai uskup di New Jersey, seperti yang diungkapkan oleh para uskup di New Jersey.

Baca Juga: Usai Teror di Gereja, Prancis Berlakukan Status Keamanan Darurat

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya