Comscore Tracker

Perdana Menteri Malaysia Mengundurkan Diri Tiba-tiba, Mengapa?

Partainya pun keluar dari koalisi pemerintahan terkemuka

Jakarta, IDN Times – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengundurkan diri dari posisinya. Partainya pun keluar dari kursi parlemen pemerintahan. Hal tersebut membuka kemungkinan untuk pembentukan pemerintahan yang baru.

Mahathir mengatakan dia telah mengirim pernyataan pengunduran dirinya kepada Raja Malaysia, Tengku Abdullah, pada pukul 13.00 waktu setempat, seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Senin (24/2). Prime Minister’s Office (PMO) atau Kantor Perdana Menteri juga sudah membenarkan bahwa Mahathir telah mengajukan pengunduran diri ke Raja Malaysia.

1. Keputusan Mahathir didahului pertengkaran politik sepekan terakhir

Perdana Menteri Malaysia Mengundurkan Diri Tiba-tiba, Mengapa?Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tiba untuk sidang pleno KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, pada 2 November 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Persaingan lama antara Mahathir dan Anwar Ibrahim sebagai dua tokoh politik terkemuka di negara tersebut yang sudah berlangsung lama memasuki "musim terakhir" belakangan ini.

Keputusan Mahathir pun disinyalir sebagai upaya partainya untuk membentuk pemerintahan baru dengan mengecualikan Anwar sebagai penggantinya. Partai Mahathir, Pribumi Bersatu telah keluar dari koalisi pemerintah yang berkuasa, Aliansi Harapan.

Baca Juga: Kronologi PM Malaysia Mahathir Mohamad Mundur, Sempat Ketemu Oposisi

2. Mahathir dan Anwar sempat bersatu melawan

Perdana Menteri Malaysia Mengundurkan Diri Tiba-tiba, Mengapa?Mahathir Mohamad (ANTARA FOTO/Roman Pilipey/Pool via REUTERS)

Anwar dan Mahathir sempat bersatu pada pemilihan 2018, ketika mereka memiliki tujuan untuk mendepak koalisi Barisan Nasional yang didominasi oleh UMNO (United Malay National Organisation) partai Najib Razak yang menjabat Perdana Menteri saat itu. Mereka secara mengejutkan, menang melawan koalisi yang selama enam dekade memerintah Malaysia dan berujung pelengseran Najib Razak.

Namun, seperti yang dilansir dari Al Jazeera, ketegangan antara keduanya meningkat dan tidak dapat dihindari. Mahathir menolak untuk menepati janjinya berupa menyerahkan kekuasaan kepada Anwar, dalam aliansi Pakatan Harapan.

Karena itu, nasib politik koalisi berkurang, karena terjadinya kekalahan dalam lima pemilihan pada akhir-akhir ini.

3. Mahathir muak dengan apa yang baru saja terjadi dalam 24 jam terakhir

Perdana Menteri Malaysia Mengundurkan Diri Tiba-tiba, Mengapa?Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tiba untuk sidang pleno KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, pada 2 November 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Seperti yang dilansir dari malaysiakini, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir, dinilai muak dengan apa yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

“Dia terlalu lelah ketika para pemimpin partainya mencoba melakukan manuver baru, dan dia menentang hal tersebut dari awal,” menurut satu sumber.

Namun, sumber lain mengatakan bahwa pengunduran diri tersebut disinyalir sebagai strategi Mahathir untuk dapat menjadi perdana menteri yang sah dari koalisi yang baru.

4. Sebagai kedok untuk berkuasa hingga akhir masa parlementer

Perdana Menteri Malaysia Mengundurkan Diri Tiba-tiba, Mengapa?Mahathir Mohamad (ANTARA FOTO/Roman Pilipey/Pool via REUTERS)

Salah satu sumber yang ditulis The Straitstimes, mengatakan langkah pengunduran diri Mahathir tersebut kemungkinan bersifat taktis, di mana pengunduran diri tersebut akan diikuti oleh deklarasi dukungan. Dengan begitu, ia dapat terus berkuasa hingga akhir masa parlementer yang sedang berjalan saat ini.

Sebelumnya, sesuai dengan perjanjian, Mahathir yang berusia 94 tahun dikabarkan akan digantikan oleh Anwar yang berusia 72 tahun.

“Tidak, Agong akan menolak pengunduran diri dengan mengatakan Mahathir mendapat dukungan dari mayoritas parlemen,” ucap seorang sumber, dilansir dari straitstimes.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Mahathir Mohamad Mundur sebagai Perdana Menteri Malaysia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya