8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19

Semoga pertanda pandemik ini segera berakhir ya!

Beberapa negara sudah mulai vaksinasi massal COVID-19 kepada masyarakatnya. Baik di Amerika Latin, Amerika, maupun Eropa. Vaksinasi dimulai secara bertahap dengan menyasar tenaga kesehatan (Nakes) selaku garda terdepan penanganan COVID-19, kemudian para orang tua. Berikut daftar negara yang sudah memulai proses vaksinasi COVID-19.

1. Inggris 

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19pexels.com

Dilansir BBC, Inggris menjadi Negara pertama dunia yang mulai melakukan vaksinasi COVID-19. Inggris memulai vaksinasi pada 8 Desember 2020 lalu, dengan menggunakan vaksi Pfizer/BioNTech. Untuk tahap awal, Inggris sudah memiliki 800.000 dosis vaksin untuk vaksinasi massal masyarakatnya. Selain Pfizer/BioNTech, baru-baru ini Inggris juga menyetujui penggunaan vaksin Oxford-AstraZeneca.

Baca Juga: Seperti Inilah Foto Tempat Penyimpanan Vaksin COVID-19 di Tabanan Bali

2. Amerika Serikat

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19Pexels.com/Element5 Digital

Amerika Serikat memulai vaksinasi pada 14 Desember 2020, menurut laman washingtonpost.com. Vaksin pertama disuntikkan kepada seorang tenaga medis di Long Island Jewish Medical Center, New York. Vaksinasi dilakukan setelah Amerika Serikat menyetujui penggunaan vaksin Pfizer. Tak lama berselang, instansi berwenang AS juga telah menyetujui penggunaan vaksin Moderna.

3. Kanada

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19Pexels.com/Jared VanderMeer

Laman npr.org menerangkan, bersamaan dengan Amerika Serikat, Kanada juga melakukan vaksinasi pada 14 Desember 2020. Vaksinasi pertama dilakukan di sebuah panti jompo di Quebec dengan menyasar orang-orang tua. Selain orang berusia lanjut, vaksinasi tahap awal juga menyasar para tenaga medis. Vaksin yang digunakan dalam vaksinasi massal adalah Pfizer/BioNTech.

4. Meksiko

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Meksiko memulai vaksinasi di malam natal pada 24 Desember 2020, menurut laman bloomberg.com. Penyuntikan pertama disiarkan dari sebuah rumah sakit di Kota Meksiko. Vaksin Pfizer dibirikan kepada kepala perawat di unit ICU Rumah Sakit Umum Mexico City.

5. Chile

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19Pexels.com/RF._.studio

Masih dilansir bloomberg.com, Chile juga memulai vaksinasi dengan menggunakan vaksin Pfizer di 24 Desember 2020, berbarengan dengan Meksiko. Pemerintah Chile memilih lima pekerja kesehatan untuk mengikuti vaksinasi perdana. Proses vaksinasi ini juga disiarkan di televisi.

6. Kostarika

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19Pexels.com/Chokniti Khongchum

Sama seperti Negara Amerika Latin yang lain, Kostarika juga menggunakan vaksin Pfizer, menurut laman france24.com. Vaksinasi dilakukan pada 24 Desember 2020 dengan sasaran utama tenaga kesahatan dan para orang tua.

7. Jerman

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19pexels.com

Nenek berusia 101 tahun menjadi orang pertama di Jerman yang menerima vaksin COVID-19. Dilansir dw.com, Jerman mengawali vaksinasi massal di sebuat panti jompo Saxony-Anhalt. BioNTech-Pfizer menjadi vaksin yang digunakan. Vaksinasi di Jerman dimulai pada 27 Desember 2020.

8. Prancis

8 Negara yang Sudah Melakukan Vaksinasi COVID-19pexels.com

Menutup tahun 2020, Prancis mulai melakukan vaksinasi COVID-19. Dilansir reuters.com, vaksinasi menarget orang-orang tua di panti jompo dengan menggunakan vaksin Pfizer. Pada tahap satu, vaksin diberikan kepada 140 orang. Pemerintah Prancis baru merencanakan vaksinasi jutaan masyarakat pada Februari 2021, seiring dengan minimnya ketersediaan vaksin. Nah, kalau Indonesia kapan ya?

Danita Aulia Photo Writer Danita Aulia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya