Menlu Retno: Belum Ada WNI yang Terjangkit Virus Corona

17 orang meninggal akibat virus yang mewabah di Wuhan ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan sampai saat ini belum ada Warga Negara Indonesia yang terkena Virus Corona tipe baru, yang berasal dari Kota Wuhan di Tiongkok.

"Dari pantauan kedubes kita di Beijing belum ada informasi menjangkitnya wabah terhadap WNI," ucap Retno di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (23/1).

1. Melakukan komunikasi dengan Dubes RI di Beijing

Menlu Retno: Belum Ada WNI yang Terjangkit Virus CoronaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dengan mewabahnya virus ini, Menlu terus berkoordinasi dengan Dubes RI di Beijing mengenai penyebaran virus dan keberadaan WNI di Tiongkok.

Di Wuhan dan sekitarnya terdapat 428 WNI yang sebagian besar adalah mahasiswa. Sementara di Beijing terdapat 1.280 WNI dan di Shanghai terdapat 849 WNI.

Menurut Menlu, ada sekitar 90 persen mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Wuhan sudah kembali ke Tanah Air karena libur Tahun Baru Imlek sampai pertengahan Februari mendatang.

"KBRI juga sudah mendapat data kapan mereka masuk kuliah dan sudah berkoordinasi dengan universitas di sana," ucap Retno seperti dilansir Antara.

Baca Juga: 17 Orang Tewas Akibat Virus Corona, Tiongkok Tutup Kota Wuhan

2. KBRI keluarkan imbauan kepada WNI

Menlu Retno: Belum Ada WNI yang Terjangkit Virus CoronaWisatawan menggunakan masker saat mengunjungi Lapangan Tiananmen di Beijing, Tiongkok, pada 20 Januari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee)

Pada 15 Januari 2020 lalu, KBRI Beijing mengeluarkan peringatan kepada WNI di Tiongkok untuk berhati-hati dan waspada terhadap penyakit radang paru-paru atau pneumonia berat yang mewabah di Wuhan, Provinsi Hubei.

KBRI mengingatkan kepada WNI agar selalu memperhatikan kesehatannya dan jika ada gejala-gejala seperti demam, batuk, serta sulit bernapas agar segera diperiksa dan dikonsultasikan ke dokter.

Selain itu, WNI juga diperingatkan untuk tidak melakukan kontak dengan hewan hidup seperti unggas, burung dan tidak konsumsi daging mentah. Menghindari berkunjung ke pasar ikan atau makanan hasil laut.

3. 17 orang meninggal, lebih dari 540 orang terdeteksi Virus Corona

Menlu Retno: Belum Ada WNI yang Terjangkit Virus Coronanytimes.com

Hingga Rabu (22/1), akibat virus baru ini jumlah korban meninggal menjadi 17 orang dengan lebih dari 540 terdeteksi virus tersebut.

Virus Corona yang telah menyebar ke kota-kota Tiongkok termasuk Beijing dan Shanghai, serta Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Macau ini diyakini berasal dari pasar ikan di Pusat Kota Wuhan.

Menlu Retno: Belum Ada WNI yang Terjangkit Virus CoronaIDN Times

Baca Juga: Virus Corona Ganggu Wall Street Hingga Yuan, Ini Kata Sri Mulyani

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya