Sempat Dilarang, Patung 'Kelahiran' Karya Hirst Dipajang Kembali

Karya Hirst menimbulkan kontroversi

Qatar - IDN times, instalasi terbuka karya seniman Inggris Damien Hirst, bernama The Miraculous Journey baru-baru ini di buka di Sidra Medicine Hospital, Qatar. Instalasi yang mencapai tinggi 14 m dan bernilai hingga US $ 8 miliar mencuri perhatian masyarakat karena tema yang diambil oleh Hirst. Empat belas patung perunggu yang berdiri tegak bercerita tentang proses pembuahan telur hingga proses kelahiran seorang bayi.

Layla Ibrahim Bacha, spesialis seni Yayasan Qatar yang di support oleh pemerintah memiliki sebagian besa karya seni yang terpasang di Doha mengatakan, "Kami percaya karya seni ini mencerminkan misi daripada Sidra, yaitu merawat kesehatan wanita dan bayi."

Bascha juga merasa lokasi tempat di instalnya karya seni tersebut sangatlah tepat, terutama ketika melihat betapa antusias masyarakat untuk mengambil foto bersama dengan instalasi-instalasi itu.

Karya Seni Hirst menceritakan tentang pross kelahiran

Sempat Dilarang, Patung 'Kelahiran' Karya Hirst Dipajang Kembalitheguardian.com

Tidak hanya karya Darmien Hirst, Sidra Medicine Hospital juga dihiasi oleh 65 karya seni dari artis ternama dari Arab termasuk dari Qatar. Sebuah klinik rawat jalan yang berlokasi di lantai empat dihiasi dengan instalasi neon yang berjudul Listen To The Ocean And All I Hear Is You dari seniman Tracey Emin, salah satu seniman pelopor Hirst yang inovatif dari Inggris.

Karya-karya seni yang terpilih untuk di instal di Sidra Medicine Hospital memiliki tema yang sangat spesifik. "Mereka tidak hanya dimasudkan untuk menjadi sebuah dekorasi saja", lanjut Bascha. Setiap karya seni ingin memacu sebuah diskusi atau untuk menenangkan pasien.

Artis Suriah Jaber al-Azmeh, yang gambarnya dipasang di rumah sakit tersenyum membayangkan foto-fotonya dipajang di tempat di mana kehidupan manusia yang baru akan dimulai.

Ini bukanlah pertama kalinya karya Damien Hirst menjadi kontroversi

Sempat Dilarang, Patung 'Kelahiran' Karya Hirst Dipajang Kembalinews.sky.com

Sidra Medicine Hospital yang menerima pasien pertamanya pada bulan Januari dan berhasil melakukan operasi pemisahan bayi siam pertama di Qatar bulan lalu.

Qatar yang terkenal dengan kehidupan masyarakat yang mewah menjadi pembeli utama karya seni kontemporer. Kebiasaan Qatar ini dijadikan sebagai salah satu usaha untuk menggambarkan dirinya sebagai negara paling progresif karena adanya rasa persaingan yang dimpimpin oleh Arab Saudi. Karena itulah sebelum beberapa karya berhasil di instal di Sidra Medicine Hospital, Bascha harus menghadapi beberapa konstroversi.

Pembukaan kedua karya Damien Hirst mendapatkan kesan yang positif dari pengunjung

Sempat Dilarang, Patung 'Kelahiran' Karya Hirst Dipajang Kembaliasiaone.com

Pada awalnya keempat belas patung yang baru diresmikan pada bulan Oktober 2013 namun ditutup dari pandangan publik karena mendapatkan banyak protes di media sosial karena merupakan karya seni telanjang pertama yang berdiri di Timur Tengah dan hal ini menantang kultur yang ada di Timur Tengah.

"Kami tidak mengharapkan semua orang menyukai karya seni tersebut. Kami tidak mengharapkan setiap orang memahaminya juga," Kata Bascha.

"Karena itulah karya seni tersebut disini, untuk menciptakan elemen perdebatan, elemen pemikiran." lanjut Bascha. Karena itulah Bascha memutuskan untuk membuka kembali karya seni tersebut beberapa minggu terakhir.

Baca Juga: Mohamed Salah Dibuatkan Patung di Mesir Untuk Motivasi, Mirip Gak?

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya