Tengah Berkebun, Pasangan Ini Temukan Harta Karun Senilai Rp733 Juta

Ada gulungan uang $100 dan kantong yang berisi berlian, emas dan batu giok

New York, IDN Times – Pasangan suami istri asal Staten Island, New York, Amerika Serikat Matthew dan Maria Emanuel kegirangan saat menemukan sebuah brankas usang berisi harta yang terpendam di halaman belakang rumah mereka di Wooddale Avenue, Minggu (13/5/2018) waktu setempat.

New York Post (15/5/2018) melaporkan, peristiwa penemuan harta karun itu terjadi ketika Matthew dan Maria mencangkul tanah hendak menanam tanaman. Ketika dibuka, kotak usang itu berisi benda-benda berharga senilai $52.000 atau setara dengan Rp733 juta, termasuk gulungan uang $100 dan tas kecil yang berisi berlian, emas serta batu giok.

"Saya pikir, kami telah menemukan harta karun terpendam!" cetus Matthew Emanuel kepada Staten Island Advance, seperti yang dikutip New York Post. “Kami ketakutan. Itu sesuatu yang tidak Anda duga.”

1. Berasal dari sebuah peristiwa pencurian

Tengah Berkebun, Pasangan Ini Temukan Harta Karun Senilai Rp733 JutaMatthew Emanuel via Nypost.com

Di dalam brankas itu, terdapat sebuah alamat di daerah Brooklyn yang ditulis pada sebuah catatan di dalam salah satu tas yang ternyata diketahui berhubungan dengan salah satu tetangga pasangan Matthew - Maria.

"Kami menyadari itu pasti mereka, jadi Senin pagi, saya berjalan ke rumah mereka dan mengetuk pintu mereka," tutur Matthew Emanuel. "Saya bertanya apakah mereka pernah mengalami kecurian."

Sang tetangga itu kemudian mengakui, benar bahwa mereka pernah menjadi korban pencurian hampir tujuh tahun lalu. New York Police Department (NYPD) sendiri membenarkan, bahwa brankas itu diambil dalam sebuah peristiwa perampokan pada 2011.

2. Si Pencuri Ninja

Tengah Berkebun, Pasangan Ini Temukan Harta Karun Senilai Rp733 JutaBrankas yang ditemukan Matthew & Maria EmanuelEklist.com

Pemilik brankas yang tidak bersedia disebut identitasnya ini menuding, insiden pencurian yang mereka alami tujuh tahun sebelumnya ini dilakukan oleh Robert Costanzo "Si Pencuri Ninja." Dia telah ditangkap dan dihukum karena 160 perampokan di Staten Island.

Tetapi Kantor Jaksa Island Staten tidak dapat memastikan apakah Costanzo yang bertanggung jawab atas pencurian tetangga Matthew dan Maria tersebut.

3. Dikembalikan kepada pemiliknya

Tengah Berkebun, Pasangan Ini Temukan Harta Karun Senilai Rp733 JutaMatthew Emanuel meletakkan patung gajah di tempat ditemukannya brankas.Matthew Emanuel via Nypost.com

Mengetahui barang-barang berharga mereka kembali, sang pemilik pun sangat gembira. Sang tetangga, kata Emanuel, tidak percaya harta miliknya bisa kembali dengan utuh. "Dia seperti gemetar dan memeluk saya," kata Matthew Emanuel.

Sementara itu, Maria Emanuel menambahkan, “Beberapa orang bertanya kepada kami, 'Mengapa Anda mengembalikannya?' Itu bahkan bukan pertanyaan. Itu jelas bukan milik kami.”

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya