Pesawat Berpenumpang 104 Jatuh di Kuba

Belum diketahui jumlah pasti korban

Havana, IDN Times – Pesawat Boeing 737-200 milik Cubana de Aviacion dengan 104 penumpang jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Havana Jose Marti, pada hari Jumat (18/5/2018) waktu setempat.

Penerbangan itu sejatinya bakal menuju ke, Holguin bagian timur Kota Kuba. Pesawat Boeing 737 yang jatuh tersebut diketahui berstatus sewaan dari maskapai Italia, Blue Panorama. Sejauh ini, adanya jumlah pasti korban belum diketahui.

1. Bola api dan gumpalan asap tebal

Pesawat Berpenumpang 104 Jatuh di KubaTwitter.com/Univision23

Foto-foto maupun video yang viral di media sosial menunjukkan, pesawat dengan nomor penerbangan DMJ 0972 itu jatuh dengan bola api dengan gumpalan tebal asap hitam yang membubung dari dekat gedung-gedung terminal.

Media lokal melaporkan bahwa pesawat itu jatuh di sebuah pertanian dan tampak rusak berat sekaligus terbakar. Petugas pemadam kebakaran pun tampak menyemprotkan air ke sisa-sisa puing yang membara.

Yang mengkhawatirkan, aplikasi pelacakan pesawat FlightRadar24 menunjukkan jet American Airlines berangkat lepas landas dari bandara setelah kecelakaan itu.

2. Dugaan sementara karena pesawat sudah uzur

Pesawat Berpenumpang 104 Jatuh di KubaEnacademic.com

Kuba sebelumnya diketahui telah menjalani penerbangan tanpa kecelakaan selama hampir 18 tahun. Namun dalam tiga tahun terakhir, tercatat ada empat kecelakaan fatal.

Cubana de Aviación, maskapai penerbangan nasional, diketahui memiliki sejarah penerbangan yang bermasalah. Sebagai akibat dari embargo ekonomi AS, sebagian besar pesawat komersial bergantung pada pesawat Rusia dan Eropa yang relatif sudah berumur tua.

Pihak berwenang sendiri telah mengkonfirmasi bahwa pesawat yang jatuh itu berusia 30 tahun

3. Kecelakaan sebelumnya

Pesawat Berpenumpang 104 Jatuh di KubaWikimedia.org

Pada tahun 1999, sebuah jet DC-10 milik maskapai Prancis, AOM, mengalami kecelakaan fatal saat melayani penerbangan untuk Cubana de Aviación.

Bandara Havana sendiri terletak 9 mil arah barat daya ibu kota. Bandara tersebut menangani hampir enam juta penumpang per tahun.

Praktek pencarteran pada pesawat terbang dan kru ini dikenal sebagai 'wet leasing' (sewa basah) yang secara luas digunakan di seluruh dunia.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya