Wapres Malawi Dinyatakan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Sepuluh penumpang dalam pesawat militer juga meninggal

Intinya Sih...

  • Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima, meninggal dalam kecelakaan pesawat militer di hutan Chikangawa.
  • Pesawat lepas landas dari Lilongwe dan hilang kontak saat pendaratan darurat karena cuaca buruk.
  • Pesawat seharusnya mendarat di Bandara Internasional Mzuzu, namun belum diketahui alasan pasti hilangnya pesawat.

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dipastikan meninggal dunia, setelah puing-puing pesawat militer yang ditumpanginya ditemukan di kawasan hutan Chikangawa di Kota Mzuzu.

Presiden Lazarus Chakwera menyatakan, seluruh 10 penumpang dalam pesawat yang jatuh tersebut, termasuk Chilima dan mantan ibu negara Shanil Muluzi, meninggal dunia.

"Saya sangat sedih. Saya minta maaf memberi tahu anda semua bahwa ini telah menjadi tragedi yang mengerikan. Tim SAR telah menemukan pesawat tersebut di dekat sebuah bukit. Mereka menemukannya hancur total tanpa ada yang selamat," ujarnya dilansir Aljazeera, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Pesawat yang Mengangkut Wakil Presiden Malawi Dinyatakan Hilang

1. Pesawat sempat dinyatakan hilang

Wapres Malawi Dinyatakan Tewas dalam Kecelakaan PesawatWakil Presiden Malawi, Saulos Chilima (x.com/SKChilima)

Sebelumnya pesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima, dinyatakan hilang dan sedang dalam pencarian. 

Pesawat tersebut membawa Chilima dan sembilan orang lainnya. Pesawat dikabarkan lepas landas dari ibu kota, Lilongwe pada Senin (10/6/2024). Pesawat disebut gagal melakukan pendaratan darurat karena cuaca buruk.

2. Pesawat sempat hilang dari radar

Wapres Malawi Dinyatakan Tewas dalam Kecelakaan PesawatPresiden Malawi, Lazarus Chakwera (x.com/LAZARUSCHAKWERA)

Pesawat dikabarkan lepas landas pukul 09.00 waktu setempat. Otoritas penerbangan mengaku kehilangan kontak dengan pesawat.

Kantor Presiden Malawi mengatakan, pesawat sempat dalam status kehilangan radar. Pesawat disebut harusnya mendarat di Bandara Internasional Mzuzu kisaran pukul 10.00 waktu setempat.

3. Penyebab hilangnya pesawat belum diketahui

Wapres Malawi Dinyatakan Tewas dalam Kecelakaan Pesawatilustrasi penumpang pesawat (unsplash.com/Annie Spratt)

Belum diketahui pasti alasan hilangnya pesawat. Wapres Chilima diberitakan dalam perjalanan untuk mewakili pemerintah di pemakaman mantan menteri kabinet Ralph Kasambara yang wafat tiga hari lalu.Karena peristiwa ini, agenda Chakwera untuk terbang ke Bahamas pada Senin malam dibatalkan.

Kabar ini juga membuka fakta soal Chilima yang sempat dicopot dari jabatannya pada 2022, dan ditangkan atas tuduhan korupsi skandal suap. Bulan lalu, pengadilan Malawi disebut membatalkan tuduhan tersebut.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya