Houthi Yaman Juga Serang Israel dengan Drone

Serangan drone dilancarkan setelah berkordinasi dengan Iran

Jakarta, IDN Times - Serangan drone tidak hanya dilakukan oleh Iran ke Israel, tapi juga oleh militan Houthi di Yaman pada Minggu (14/4/2024) dini hari waktu setempat. Serangan Houthi dilakukan bersamaan dengan serangan Iran ke Israel.

"Serangan drone dilancarkan setelah berkordinasi dengan Iran," kata perusahaan keamanan asal Inggris, Ambri, seperti dikutip dari kantor berita Iran, Irna, Minggu (14/4/2024).

Sebelumnya Juru Bicara Israel Defense Forces (IDF) Admiral Daniel Hagari mengatakan lebih dari 200 drone diluncurkan Iran untuk menyerang Israel, termasuk cruise missiles and ballistic missiles.

Namun sebagian besar dari serangan tersebut berhasil dicegat Israel dan sekutunya. Beberapa misil yang berhasil lolos ke Israel, kata Daniel, hanya menyebabkan dampak minor di pangkalan milier Isreal. Daniel mengatakan saat ini gelombang serangan Iran masih terus berlangsung.

Iran meluncurkan ratusan drone dan misil dalam serangan ke Israel pada Sabtu malam waktu setempat. Serangan menyasar berbagai tempat di Israel, salah satunya instalasi militer Israel di dataran tinggi Golan.

"Kami melancarkan operasi menggunakan drone dan rudal sebagai tanggapan atas kejahatan entitas Zionis yang menargetkan konsulat Iran di Suriah," kata IRGC dalam sebuah pernyataan dilansir Aljazeera, Minggu (14/4/2024).   

Serangan drone dan misil ini menjadi yang pertama kali dilancarkan Iran secara langsung ke Israel. The Israel Defense Forces (IDF) menyebutkan lebih dari 100 serangan drone diluncurkan Iran ke Israel.

The Guardian menyebutkan gelombang pertama serangan Iran mencapai Israel sekitar pukul 2 dini hari waktu setempat. Suara ledakan terdengar beberapa kali dari langit Israel. Sampai saat ini belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan oleh serangan Iran.

Baca Juga: AS Sebut Serangan Iran ke Israel Berlangsung 5 Jam

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya