Comscore Tracker

Perbaiki Airbag, Toyota Tarik 1,7 juta Kendaraan di Amerika Utara 

Inflator airbag mengandung bahan yang dapat membahayakan

Detroit, IDN Times – Dilansir melalui The Mainichi pada (10/1) Toyota menarik kembali 1,7 juta kendaraan di Amerika Utara untuk mengganti inflator airbag Takata yang terletak di posisi penumpang bagian depan yang berpotensi mematikan. Langkah ini diumumkan pada hari Rabu, penarikan mencakup 1,3 juta kendaraan di AS dan merupakan penarikan otomotif terbesar dalam sejarah negara tersebut.

1. Inflator airbag mengandung bahan kimia yang dapat meledak

Perbaiki Airbag, Toyota Tarik 1,7 juta Kendaraan di Amerika Utara ilustrasi airbag (pixabay/Pixel-mixer)

Takata menggunakan bahan kimia amonium nitrat untuk membuat ledakan kecil guna memompa airbag (kantong udara) supaya mengembang, tetapi bahan kimia dapat menjadi buruk seiring dengan berjalannya waktu karena kelembapan tinggi dan juga siklus suhu dari panas ke dingin. Inflator Takata dapat meledak dengan kekuatan besar dan melemparkan serpihan berbahaya ke pengemudi dan penumpang. Inflator paling berbahaya adalah di daerah Selatan sepanjang teluk Meksiko yang memiliki kelembapan tinggi.

Dilansir dari apnews.com setidaknya 23 orang telah terbunuh di seluruh dunia dan ratusan lainnya terluka. Dealer Toyota dan Lexus akan mengganti inflator atau keseluruhan airbag dengan peralatan yang dibuat oleh pabrikan lain yang tidak mengandung amonium nitrat, oleh karena itu pemilik kendaraan akan diberitahu melalui surat atau cara lain pada akhir Januari.

Pemilik dapat memeriksa untuk melihat apakah kendaraan mereka telah ditarik kembali dengan mengunjungi toyota.com/recall atau airbagrecall.com dengan memasukkan plat nomor atau nomor identifikasi kendaraan.

Toyota melakukan penarikan karena adanya pengggantian inflator Takata dan para pembuat mobil dijadwalkan untuk mengganti 10 juta inflator mulai bulan ini, Ford dan Honda juga sudah mengumumkan penarikan.

2. Penarikan mencakup kendaraan Toyota dan Lexus

Perbaiki Airbag, Toyota Tarik 1,7 juta Kendaraan di Amerika Utara twitter.com/Toyota Motor Corp

Penarikan mencakup model-model Toyota termasuk model 4Runner dari tahun 2010-2016, Corolla dan Matrix dari tahun 2010-2013 dan Sienna dari tahun 2011-2014.

Penarikan juga mencakup model Lexus ES 350 dari tahun 2010-2012, Lexus GX 460 dari tahun 2010-2017, Lexus IS 250C dan 350C dari tahun 2010-2015, seri IS 250 dan 350 dari tahun 2010-2013, seri IS-F dari tahun 2010-2014 dan termasuk juga Scion XB dari tahun 2010-2015.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Airbag Sangat Penting pada Mobil

3. Inflator yang bermasalah belum sepenuhnya diganti

Perbaiki Airbag, Toyota Tarik 1,7 juta Kendaraan di Amerika Utara apnews.com

Lebih dari tiga tahun setelah National Highway Traffic Savety Administration AS mengambil alih menejemen penarikan yang melibatkan inflator buatan Takata, sepertiga inflator yang sudah ditarik belum diganti, hal ini berdasarkan laporan tahunan dari pemerintah dan pemantau yang ditunjuk oleh pengadilan tahun lalu.

Berdasarkan laporan tersebut bahwa 16,7 juta kesalahan inflator dari 50 juta yang ditarik belum diperbaiki, komite keselamatan mengatakan bahwa tingkat penyelesaian inflator harus jauh lebih tinggi mengingat bahaya yang terkait di dalamnya. Dealer Toyota tidak mengatakan jika ada yang terluka dalam kendaraan yang tercakup dalam penarikan terakhir.

4. Dengan adanya penarikan ini Takata terancam merugi

Perbaiki Airbag, Toyota Tarik 1,7 juta Kendaraan di Amerika Utara ilustrasi kalkulasi (pixabay/stevepb)

Penarikan ini memaksa pihak Takata dari Jepang untuk mencari perlindungan dari kebangkrutan dan menjual sebagain besar asetnya untuk membayar perbaikan.

Baca Juga: Airbag Meledak, Produsen Perangkat Mobil Ini Dijatuhi Denda

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You