Comscore Tracker

8 Tahun Diburu, Buaya Monster Australia Ini Berhasil Ditangkap

Buaya 600 kg ini diperkirakan berusia 60 tahun

Sydney, IDN Times - Seekor buaya air asin dengan panjang 4,71 meter dan berat 600 kilogram berhasil ditangkap petugas satwa liar di Australia.

Seperti dilansir dari CNN (10/7/18), Tracey Duldig, selaku Direktur Operasi Satwa di Northern Territory menjelaskan bahwa petugas satwa liar telah mencari buaya tersebut sejak tahun 2010.

Buaya raksasa tersebut telah dilaporkan terjebak di jalur perahu lokal tahun 2010 silam. Dan baru berhasil dibekuk dalam perangkap yang didirikan sekitar dua minggu lalu.

Buaya terbesar yang pernah ditangkap di kawasan Katherine, Australia

8 Tahun Diburu, Buaya Monster Australia Ini Berhasil DitangkapZeenews.india.com

Buaya raksasa jantan yang panjangnya hampir sepadan dengan ukuran mobil tersebut menjadi buaya terbesar yang pernah ditangkap di sungai Katherine.

Penangkapan ini mengalahkan besar buaya 4,6 meter yang berhasil ditangkap pada tahun 2011 di area yang sama.

Buaya air asin yang biasa disebut "saltie" itu kerap kali ditemukan keberadaanya di sekitar sungai di wilayah Northern Territory.

Upaya pengamanan untuk manusia dari bahaya buaya

8 Tahun Diburu, Buaya Monster Australia Ini Berhasil DitangkapIndiatimes.com

Tracey Duldig juga menjelaskan, setelah ditangkap buaya "saltie" tersebut kemudian dibawa ke sebuah penangkaran di wilayah Katherine. Penangkapan ini merupakan upaya mengisolasi reptil buaya, u tuk mengurangi kemungkinan interaksi dengan manusia.

Meskipun buaya air asin berkuran rata-rata sekitar 5 meter (17 kaki) menurut National Geographic, namun menurut pihak berwenang taman satwa setempat, penangkapan ukuran ini jarang terjadi.

Sekitar 250 ekor buaya berhasil ditangkap dalam setahun

8 Tahun Diburu, Buaya Monster Australia Ini Berhasil DitangkapCNN.COM

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP (10/7/2018), Duldig juga menjelaskan bahwa petugas Satwa liar menangkap sekitar 250 buaya "yang membahayakan" setiap tahun.

Pada Februari dan Maret tahun ini telah tertangkap dua buaya "saltie" dengan besar masing-masing 3,92 meter dan 3,97 meter di sekitar jembatan Katherine.

Sejauh ini 187 buaya air asin telah ditangkap di kawasan Northern Territory

8 Tahun Diburu, Buaya Monster Australia Ini Berhasil DitangkapAbc.net

Secara resmi Pemerintah Northern Territory mengatakan, sejauh ini, sekitar 187 buaya air asin telah ditangkap di sekitar wilayah Northern Territory.

Pada situs web Taman dan Margasatwa Northern Territory terdapat anjuran bagi pengunjung untuk lebih awas terhadap buaya.

"Bahaya buaya adalah nyata. Jangan terlalu abai atau nyawa Anda taruhannya," tambah Duldig.

MAJW Photo Community Writer MAJW

Write like capture image

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You