Comscore Tracker

Tak Lagi Gunakan Mobil, Kini Uber Berencana Memakai Sepeda Listrik

Kamu mau pakai jasanya jika ini diaplikasikan di Indonesia?

San Francisco, IDN Times - Perusahaan Uber saat ini memiliki rencana mengubah armada transportasinya dengan skuter elektrik dan sepeda, dibandingkan mobil.

Perusahaan jaringan transportasi asal San Fransisco tersebut menganggap kendaraan individual lebih cocok untuk perjalanan dalam kota.

Seperti dilansir BBC, bahwa uber memperkirakan orang-orang akan membuat perjalanan dalam jarang dekat lebih intens di kemudian hari.

"Selama jam sibuk, itu sangat tidak efisien bagi mobil untuk mengambil satu orang di 10 komplek," ungkap CEO Uber, Dara Khosrowshahi, kepada Financial Times.

1. Rencana ini memiliki keuntungan dalam jangka panjang

Tak Lagi Gunakan Mobil, Kini Uber Berencana Memakai Sepeda Listriknews.sky.com

Khosrowshahi mengakui, dengan sepeda, Uber membuat keuntungan lebih sedikit daripada perjalanan yang sama dengan mobil.

Tetapi, hal itu akan diimbangi dengan ekspetasi bahwa pelanggan akan menggunakan aplikasi lebih sering untuk perjalanan jarak dekat.

"Jangka pendek secara finansial mungkin itu bukan kemenangan bagi kami, tetapi secara strategis jangka panjang, kami pikir itulah tepatnya yang kami ingin tuju," kata Khosrowshahi.

Menurutnya, pengemudi Uber akan rugi dengan rencana tersebut, tetapi pengemudi jangka panjang akan mendapat manfaat dari perjalanan yang lebih panjang dan menguntungkan.

2. Uber hadapi tantangan peraturan transportasi baru dan bangkit dari keterpurukan finansial

Tak Lagi Gunakan Mobil, Kini Uber Berencana Memakai Sepeda Listriknews.sky.com

Dengan riwayat kehilangan $4.5bn (£3.5bn) tahun lalu, secara finansial Uber mengalami tekanan untuk meningkatkan keuangannya.

Selain itu, bulan ini New York memutuskan untuk memberlakukan pembatasan sementara pada lisensi baru bagi kendaraan untuk mengatasi kemacetan.

Sementara itu Wali Kota London mengatakan akan memberlakukan pembatasan serupa. Tekanan regulasi tersebutlah yang juga mengancam pertumbuhan bisnis di beberapa pasar.

3. Uber telah bermitra dengan sejumlah perusahaan sepeda listrik

Tak Lagi Gunakan Mobil, Kini Uber Berencana Memakai Sepeda ListrikBBC.com

Dilansir dari Skynews, Uber pertama kali menambahkan sepeda ke aplikasinya pada bulan Februari, dan mengakuisisi perusahaan sepeda "Jump".untuk sekitar $200 M (£155 M) pada bulan April.

Sepeda listrik "Jump" sekarang tersedia di delapan kota AS, termasuk New York dan Washington, dan segera diluncurkan di Berlin.

Khosrowshahi yang menjadi kepala eksekutif Uber tahun lalu, juga telah membuat kesepakatan dengan perusahaan skuter listrik Lime dan Masabi, sebuah aplikasi berbasis di London yang menyediakan tiket mobile untuk transportasi umum.

Phenomena Watcher Photo Verified Writer Phenomena Watcher

Men. Write like capture image. Rare information seeker.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya