Bikin Video 'Prank' dengan Cium Sembarang Orang, YouTuber Ini Ditahan

Kena deh!

Seorang YouTuber asal India bernama Sumit Verma berada dalam masalah usai video yang diunggahnya dilaporkan. Dalam video tersebut, terlihat Sumit menyebut tindakannya adalah prank atau 'ngerjain orang lain'. Namun, prank-nya tersebut berunsur pelanggaran dan pelecehan. Apalagi kalau bukan mencium sembarang orang dan lalu lari begitu saja.

Ya, Sumit dengan tenang dan beraninya mengajak ngobrol wanita dan tiba-tiba menciumnya. Tindakannya itu dilaporkan ke kepolisian Delhi. Sang korbanlah, dikutip dari BBC, yang melayangkan laporan tersebut.

Hanya untuk hiburan dan tidak ingin menyakiti orang lain.

Bikin Video 'Prank' dengan Cium Sembarang Orang, YouTuber Ini Ditahanbbc.com

Sumit pun dikabarkan telah ditahan dan dimintai keterangan atas video yang diunggah beberapa hari lalu tersebut. Video dari YouTuber dengan 150.000 subscriber itu pun menarik perhatian dan kemarahan warga India. Pasalnya video tersebut dilakukan di kawasan Banglore, kota India Selatan.

Humas Kepolisian Delhi, Dependra Pathak menyebut kalau pihaknya menyadari hal tersebut usai video banyak masuk dalam pemberitaan media. Melalui penelusuran di tautan Facebook dan YouTube-nya, Sumit pun berhasil diringkus.

Baca Juga: Pelecehan Seksual di India Terus Terjadi, Para Artis Bollywood Angkat Suara

Bikin Video 'Prank' dengan Cium Sembarang Orang, YouTuber Ini Ditahanbbc.com

Meski mengaku hanya iseng, Sumiit pun meminta maaf. Dia menyebut tindakannya murni bercanda serta sebatas hiburan. Sumit menyebut dirinya tidak bermaksud untuk menyakiti siapapun.

Pelecehan seksual di India mengkhawatirkan.

Bikin Video 'Prank' dengan Cium Sembarang Orang, YouTuber Ini DitahanStr/AFP/Getty Images via buzzfeed.com

Awal tahun 2017 saja, pelecehan seksual terhadap wanita di India masih terjadi dan sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan laporan The New York Times, para perempuan yang tengah berkumpul di jalanan Bangalore, menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan secara massal oleh sejumlah laki-laki. Mereka dipegang-pegang, bahkan hingga dikejar-kejar di sepanjang jalan tersebut. Kekacauan ini terjadi meski kala itu ada lebih dari 1.500 petugas kepolisian yang berjaga.

Media lokal, Bangalore Mirror, merilis sejumlah foto yang menunjukkan bagaimana keonaran itu terjadi. Salah satunya adegan saat beberapa perempuan terjebak di antara kerumunan para pria. Ada juga foto seorang perempuan yang memeluk polisi wanita karena ketakutan. Polisi yang ada di lokasi juga terlihat mengeluarkan tongkat untuk membubarkan massa.

Beberapa saksi yang diwawancari The Guardian berkata bahwa beberapa pria berpura-pura membantu para perempuan padahal mereka sedang melakukan pelecehan seksual seperti memegang-megang atau menghina mereka. Para perempuan pun mencoba mencari tempat untuk berlindung dari kekacauan tersebut.

Masalah ini harusnya jadi kekhawatiran utama para pejabat negara India. Harus adanya tindakan preventif dan segera agar pelecehan ini tidak terus terjadi.

Baca Juga: Pelecehan Seksual Secara Massal di India, Menteri Justru Salahkan Perempuan

Topik:

Berita Terkini Lainnya