Istri Donald Trump Dianggap Meniru Pidato Kampanye Michelle Obama, Ini Buktinya!

Apa yang ditiru?

Kontroversi terjadi dalam kampanye calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Seperti dikutip dari Vox, setiap istri dari kandidat Presiden diberi kesempatan untuk ikut dalam kampanye. Para istri dapat 'mempromosikan' sang suami agar menarik hati masyarakat. Kemudian pada Senin (18/7) malam, waktu setempat, istri Donald Trump, Melania Trump diberi kesempatan untuk pidato di Cleveland, Amerika Serikat.

Istri dari Calon Presiden Partai Republik itu menceritakan tentang nilai kehidupan yang diberikan orangtuanya. Melania mengatakan kalau harusnya kita dapat menghormati orang lain serta memenuhi apa yang diutarakan. Melania ingin setiap orang bisa berbagai nilai positif serta moral dalam kehidupan.

And we need to pass those lessons on to the many generations to follow. Because we want our children in this nation to know that the only limit to your achievements is the strength of your dreams and your willingness to work for them.

Melania mengatakan kalau setiap orang dapat sukses, tapi yang menghalangi selama ini adalah niat dari masing-masing orang. Pidato tersebut pun mendapat tepuk tangan dari para tamu, serta pendukung partai Republik. Namun, setelah pidato malam itu, Selasa (19/7), internet 'pecah' saat orang-orang membandingkan pidato tersebut dengan apa yang dikatakan oleh istri Barrack Obama, Michelle saat kampanye suaminya 2008 silam.

Apa yang disampaikan Michelle Obama diduga serupa dengan maksud Melania.

Istri Donald Trump Dianggap Meniru Pidato Kampanye Michelle Obama, Ini Buktinya!abcnews.go.com

Beberapa kicauan pun menunjukkan kesamaan pidato atau paling tidak intinya. Dalam sebuah kicauan oleh manajer produk radio publik New York, Mike Hearn mengunggah video perbandingan Michelle dan Melania yang dianggap sama. Mike mengatakan, "Itu (perbandingan) sangat mencolok bukan?".

Perbandingan signifikan terjadi di seluruh bagian dari pidato. Dalam pidato di konvensi partai Demokrat, Michelle mengatakan kalau dirinya dari Barrack dibesarkan dengan nilai-nilai serupa, yakni kerja keras, mewujudkan janji serta kata-kata, menghormati orang lain atau kepada siapapun, meskipun kita membenci, bahkan tidak kenal.

And Barack and I set out to build lives guided by these values, and pass them on to the next generation. Because we want our children — and all children in this nation — to know that the only limit to the height of your achievements is the reach of your dreams and your willingness to work for them.

Michelle melanjutkan kalau nilai-nilai tersebut ingin diteruskan pada generasi berikutnya. Kemudian, yang menjadi penghalang setiap orang untuk sukses adalah niat kita. Setelah itu, video tersebut pun membuat orang-orang sadar akan kesamaan tersebut. Netizen pun menyindir Melania dengan menyebutnya plagiat.

Baca Juga: Kicauan Donald Trump Soal Islam dan Penembakan Orlando Dikecam Keras, Apa Isinya?

Melania mengaku mendapat 'sedikit bantuan' selama pengerjaan pidato.

Istri Donald Trump Dianggap Meniru Pidato Kampanye Michelle Obama, Ini Buktinya!gq.com

Kepada NBC, seperti kicauan Ben N Petersen, seorang pengamat politik, Melania mengaku sangat bersemangat jelang pidatonya pada Senin malam. Kemudian, terkait isi pidatonya, Melania mengaku kalau dirinya mendapat bantuan saat menulis pidato.

Hal tersebut pun membuat mantan penulis pidato Barrack Obama ikut menyindir dengan mengatakan kalau Melania sama dengan suaminya, melakukan plagiarisme.

Istri Donald Trump Dianggap Meniru Pidato Kampanye Michelle Obama, Ini Buktinya!twitter.com/jonfavs

Pembelaan dari tim kampanye Donald Trump.

Donald Trump pun langsung mengeluarkan pembelaan dan konfirmasi atas tuduhan plagiarisme tersebut. Melalui penasihat seniornya, Jason Miller, dijelaskan kalau tim penulis pidato Melania terinspirasi dari kisah hidupnya sendiri. Kemudian, pengalaman Melania sebagai imigran di Amerika juga menjadi contoh dan inspirasi yang baik dalam mencapai kesuksesan.

Nah, menurutmu sama atau tidak?

Baca Juga: Gimana Jadinya Kalau Donald Trump Jadi Aktor Film Horror?

Topik:

Berita Terkini Lainnya