Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!

Pertandingan berlangsung cukup 'membosankan'

Partai final di ajang sepakbola antar negara Eropa tahun ini, EURO 2016 telah mencapai titik puncaknya dini hari (11/7) tadi. Berlokasi di Stade de France, Paris, Perancis, dua kubu tangguh, Portugal dan Perancis beradu untuk menjadi tim terbaik di Eropa. Dalam kompetisi ini, Perancis menjadi tuan rumah dan berhasil tampil apik dari babak penyisihan. Sementara, Portugal sempat diragukan untuk banyak bersaing setelah tampil kurang tajam dalam babak penyisihan.

Namun, pada akhirnya, tim yang dikapteni oleh Cristiano Ronaldo tersebut berhasil menampik segala keraguan. Pada Minggu (10/7) malam waktu Paris atau Senin (11/7) pagi WIB, Portugal berhasil merobohkan tembok Perancis di Ibu Kotanya sendiri. Gol pemain pengganti Eder pada menit ke-109 membuyarkan harapan fans Perancis raih trofi EURO 2016 di rumah.

Meskipun pertandingan dan kompetisi telah berakhir, final kali ini meninggalkan sejumlah fakta unik. Berikut IDNtimes paparkan fakta tentang Final EURO 2016.

1. Final 2016 di 'rumah sendiri' adalah yang kedua kali untuk Perancis.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!india-forums.com

Sebelumnya, pada 1984, Perancis menjadi tuan rumah EURO dan masuk final. Dalam final tersebut, Perancis menjamu Spanyol dengan kemenangan 2-0. Namun, tahun 2016, keberuntungan berpihak pada Portugal yang membatalkan rekor Perancis untuk juara di tanah sendiri sebanyak dua kali.

2. Pertemuan ke-11 mematahkan rentetan hasil buruk Portugal vs Perancis.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!nigeriannation.com

Dalam 10 pertemuan terakhir, Portugal tidak pernah menang atas Perancis. Namun, pada pertemuan ke-11, tren buruk itu dilenyapkan dengan trofi EURO 2016.

3. Portugal yang 'raja' gol extra time.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!mirror.co.uk

Portugal tampil di EURO 2016 dengan tertatih-tatih. Dari babak grup, Ronaldo cs lebih sering alami hasil imbang, bahkan mencetak gol di extra time sampai babak eliminasi. Pada laga menghadapi Kroasia, babak 16 besar, Portugal menang berkat gol menit ke-117 dari Ricardo Quaresma. Hal serupa kembali terjadi dan kini Eder yang jadi aktor utamanya.

4. Hasil tersebut buat Eder jadi 'super subs' keenam.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!thebiglead.com

Sebutan 'super subs' diberikan pada pemain pengganti yang berhasil memberi dampak positif bagi tim, salah satunya dengan gol. Eder menjadi pemain keenam di EURO yang lakukan hal serupa. Sebelumnya, Juan Mata dan Fernando Torres juga tampil sebagai pengganti di EURO 2012. Hal serupa juga dilakukan David Trezeguest (Perancis), Sylvain Wiltord (Perancis) dan Oliver Bierhoff (Jerman).

5. Penampilan gemilang kedua kiper.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!mirror.co.uk

Rui Patricio menjaga gawang Portugal layaknya tembok besar dengan tujuh penyelamatan krusial. Sementara Hugo Lloris tampil apik di 90 menit pertama bersama Perancis, tapi hasil berkata lain ketika kiper Tottenham Hotspurs itu gagal menjangkau tendangan Eder.

6. Gelar juara EURO adalah raihan pertama Portugal.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!ndtv.com

Gagal di rumah sendiri pada 2004, Portugal akhirnya bisa meraih trofi EURO pertama mereka di Paris yang merupakan final kedua mereka.

Baca Juga: Baca Dulu 11 Fakta Tentang EURO 2016 Sebelum Ikut dalam Euforianya!

7. Final EURO 2016 jadi final kelima yang mencapai babak tambahan.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!goal.com

Setelah 90 menit tanpa hasil, Portugal vs Perancis jadi laga kelima yang dibawa ke babak tambahan. Hal serupa juga terjadi pada 1960 (EURO Pertama), 1976, 1996 dan 2000.

8. Portugal adalah juara pertama di format baru EURO.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!si.com

Dengan format baru berupa penambahan jumlah peserta, dari 16 menjadi 24 negara.

9. Raihan individual dua pemain muda masing-masing negara.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!goal.com

Portugal menempatkan Renato Sanches sebagai pemain muda terbaik di EURO 2016, sementara Antoine Griezmann meraih sepatu emas dengan enam gol.

10. Portugal mampu juara tanpa Ronaldo.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!youtube.com/user/TheDrimacus

Pada menit ke-25, belum usai babak pertama, kapten Cristiano Ronaldo harus ditarik dan digantikan dengan Ricardo Quaresma. Ronaldo alami cidera lutut dan dirinya pun menangis akibat tidak bisa melanjutkan perjuangan bersama negara. Namun, Portugal yang lebih dikenal dengan sosok Ronaldo menunjukkan kalau mereka adalah tim, lebih dari sekedar CR7.

11. Kemenangan ini jadi pertandingan ke-36 Portugal dalam EURO.

Fakta-fakta Final EURO 2016: Portugal Raih Juara Tanpa Ronaldo!neoblack.com

Portugal butuh 35 pertandingan sebelum meraih EURO pertama mereka.

Dalam pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Inggris, Mark Clattenburg, terdapat 10 kartu kuning dengan enam untuk Portugal dan sisanya untuk Perancis. Selamat kepada Portugal dan fansnya, selamat berpesta! Forca!

Baca Juga: Euro 2016: Pelatih Timnas Jerman Tertangkap Kamera Melakukan Hal Jorok Ini!

Topik:

Berita Terkini Lainnya