Dua Pesawat Militer Ukraina Tabrakan di Udara, Tiga Pilot Tewas

Salah satunya pilot terkenal di Ukraina

Jakarta, IDN Times - Dua pesawat latih militer L-39 bertabrakan saat terbang di bagian utara Ukraina, tepatnya di Zhytomyr Oblast, Jumat (25/8/2023) waktu setempat. 

Kecelakaan ini menewaskan tiga pilot, salah satunya adalah Andrii Pilshchykov yang merupakan pilot terkenal karena terlibat dalam pertempuran udara di Kyiv selama fase awal invasi Rusia.

1. Investigasi dilakukan

Dua Pesawat Militer Ukraina Tabrakan di Udara, Tiga Pilot TewasIlustrasi Investigasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengutip BBC, saat ini investigasi penyebab terjadinya kecelakaan dua pesawat tersebut sedang dilakukan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan negara tidak akan pernah melupakan siapa pun yang membela langit bebas Ukraina.

Baca Juga: Wah! Pilot Rusia Diduga Membelot ke Ukraina

2. Menjadi gangguan bagi Ukraina

Dua Pesawat Militer Ukraina Tabrakan di Udara, Tiga Pilot TewasIlustrasi jet tempur F-16 block 72 jenis Viper yang akan dibeli oleh TNI AU (Dokumentasi Lockheed Martin)

Kecelakaan dan kematian tersebut, menjadi gangguan besar bagi Ukraina yang sedang bersiap untuk menerima 61 unit jet tempur F-16 dari sekutunya.

Pada Kamis, Pentagon mengkonfirmasi bahwa pelatihan Bahasa Inggris untuk Ukraina dalam mengoperasikan F-16 akan dimulai di Texas pada September mendatang, yang dilanjutkan dengan pelatihan penerbangan pada Oktober di Arizona.

3. Pelatihan memakan waktu 5 bulan

Dua Pesawat Militer Ukraina Tabrakan di Udara, Tiga Pilot TewasJet tempur F-16 milik Angkatan Udara Yunani. twitter.com/NedosVassilis

Sementara itu, sekutu barat lainnya sedang bersiap untuk mulai melatih Ukraina akhir bulan ini. Pelatihan untuk menerbangkan jet tempur F-16 diperkirakan akan memakan waktu sekitar 5 bulan.

Baca Juga: Ukraina Kirim Pasukan ke Krimea untuk Operasi Khusus

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya