Ilmuwan Ini Malah Sarankan Legalisasi Perdagangan Cula, Sehat?

Cula badak tumbuh satu kilogram per tahun

Saat banyak orang mengutuk perburuan terhadap badak, seorang ilmuwan yang juga presenter BBC, bernama Adam Hart justru menyarankan legalisasi perdagangan cula hewan itu. Dalam editorial Majalah Royal Society of Biology, Hart mengatakan bahwa legalisasi perdagangan cula badak bisa membantu mencegah kematian 1.200 badak dalam setahun.

Hal ini tentu wacana yang aneh. Sebab, dunia internasional telah melarang perdagangan cula badak sejak 1977. Sejak saat itu pula jumah populasi badak terus meningkat dengan perlahan. Sayangnya, peningkatan populasi hewan tersebut juga sejalan dengan perburuan liar yang membunuh lima persen populasi badak dalam setahun.

Bantu warga miskin.

Ilmuwan Ini Malah Sarankan Legalisasi Perdagangan Cula, Sehat?BBC.co.uk

Dikutip dari The Telegraph, Hart juga beralasan bahwa usulan juga untuk membantu perekonomian warga miskin yang selama ini tidak bisa berdagang cula badak. "Pasar cula sudah cukup jelas. Bahkan para konsumen selalu mau membayar lebih besar," ujarnya.

Tak masalah karena cula badak bisa tumbuh lagi.

Ilmuwan Ini Malah Sarankan Legalisasi Perdagangan Cula, Sehat?cnn.com

Hart juga mengusulkan sebuah cara agar badak tak perlu dibunuh untuk mengambil culanya. Caranya? Menggergaji cula badak karena prosesnya tidak memberi rasa sakit. Menurut dia, tanduk akan tumbuh kembali lebih dari satu kilogram per tahun. Sebaliknya, jika tak dilegalkan, perburuan terhadap badak akan terus meningkat.

Badak dibunuh setiap 8 jam sekali.

Ilmuwan Ini Malah Sarankan Legalisasi Perdagangan Cula, Sehat?Daily Mail

Saat ini, setiap 8 jam ada seekor badak di Afrika yang dibunuh untuk diambil culanya. Cula itu kemudian diolah sebagai obat nyeri, penurun demam, hingga kanker. Meskipun belum ada penilitian resmi tentang hal tersebut, tapi cula badak yang digunakan sebagai obat dihargai 20.000 poundsterling per pon atau 335 juta rupiah per 400 gram.

Usulan Hart dikecam.

Ilmuwan Ini Malah Sarankan Legalisasi Perdagangan Cula, Sehat?animal-dream.com

Pakar satwa lain, Chris Packham mengatakan bahwa legalisasi perdagangan cula badak merupakan hal yang salah. Sebaliknya, dia menilai bahwa negara yang menjadi tempat tinggal badak harus memberi sanksi kepada negara yang masih mengizinkan konsumsi atau perdagangan cula badak. Hal senada juga dikatakan oleh Direktur Eksekutif WWF-Inggris, Mike Barrett. Menurut dia, usulan Hart memiliki risiko tinggi. "Melegalisir cula badak dapat menyebabkan peningkatan permintaan, yang menyebabkan peningkatan perburuan dan kematian binatang tersebut."

Nah, bagaimana dengan pendapatmu terkait usulan ini?

Baca juga: Dari Badak Hingga Harimau Langka Hampir Punah, Masih Teledorkah Pemerintah?

Topik:

Berita Terkini Lainnya