Lagi Ngehits di Irak, Tentara Menyiarkan Perang Melalui Facebook Live

Mereka juga mengunggah foto selfie usai mengalahkan musuh

Kondisi peperangan ternyata tak membuat para tentara di Irak kehilangan akses ke media sosial. Dikutip dari Independent.co.uk (25/11), tentara Irak yang sedang beperang dengan ISIS bahkan memiliki tren baru. Mereka menyiarkan peperangan mereka menggunakan layanan Facebook Live. Selain itu, mereka juga melakukan selfie atau swafoto untuk merayakan kemenangan. Biasanya, mereka akan berswafoto dengan latar bangkai tank atau kendaraan musuh yang berhasil mereka hancurkan. 

Jadi sumber informasi utama.

Lagi Ngehits di Irak, Tentara Menyiarkan Perang Melalui Facebook Live Social Media for Development.org

Bagi sebagian orang, perang yang disiarkan langsung melalui Facebook Livememang terlihat sedikit aneh dan menyeramkan. Namun, upaya tersebut justru disambut baik oleh warga Irak. Dengan begitu, mereka jadi tahu kondisi terakhir wilayah yang sedang dilanda pertempuran. Bahkan, mereka menyebut tayangan itu tak jauh beda dengan siaran televisi yang dilakukan oleh jurnalis profesional. Bahkan, Dr Jean-Marc Rickli, seorang peneliti di King College London mengatakan bahwa siaran perang menggunakan live Facebook saat ini menjadi salah satu sumber utama informasi peperangan. 

Trennya terus meningkat.

Lagi Ngehits di Irak, Tentara Menyiarkan Perang Melalui Facebook Live Daily Mail

Tren siaran langsung perang melalui Facebook terus meningkat seiring dengan banyaknya wilayah yang kembali direbut oleh tentara koalisi Irak dari ISIS. Mereka biasanya menyiarkan perjalanan para tentara saat melintasi wilayah yang baru saja mereka bebaskan atau ketika melakukan penghancuran simbol-simbol ISIS.

Victory Selfies.

Lagi Ngehits di Irak, Tentara Menyiarkan Perang Melalui Facebook Live Independent.co.uk

Sebagai bentuk kemenangan, mereka biasanya mengunggah foto narsis usai berjibaku dalam medan perang. Swafoto yang mereka unggah biasanya berlatar puing runtuh, kendaraan terbakar, atau bahkan foto narsis di dalam kokpit saat mengendarai pesawat tempur F-16. Instagram able!

Tetap diminta waspada.

Lagi Ngehits di Irak, Tentara Menyiarkan Perang Melalui Facebook Live Independent.co.uk

Walaupun bermanfaat, namun apa yang dilakukan oleh para tentara bukan tanpa bahaya. Apalagi, pasukan ISIS merupakan sekumpulan tentara yang terlatih. Untuk itu, para komandan terus meminta agar para pasukannya tetap waspada saat menggunakan layanan live Facebook ketika berperang. 

Meningkatkan popularitas.

Lagi Ngehits di Irak, Tentara Menyiarkan Perang Melalui Facebook Live The Atlantic.com

Layanan Facebook Live juga dimanfaatkan oleh beberapa komandan berpangkat tinggi untuk mengatrol popularitas mereka. Semakin sering mereka mengunggah video atau foto perang, jumlah pengikut mereka juga akan terus bertambah. 

Baca juga: Irak Kembali Bergejolak, Ribuan Warga Terperangkap di Fallujah 

Topik:

Berita Terkini Lainnya