12 Orang Tewas dalam Tabrakan Minibus-Truk di India

23 lainnya mengalami luka-luka

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 12 orang tewas dan 23 lainnya terluka akibat minibus menabrak truk kontainer di negara bagian Maharashtra, India, pada Minggu (15/10/2023) dini hari. 

Polisi mengatakan, minibus tersebut membawa rombongan peziarah yang berjumlah 35 orang. Kendaraan itu sedang dalam perjalanan kembali ke Nashik setelah berziarah ke dargah Sailani Baba di distrik Buldhana.

1. Minibus kehilangan kendali dan menabrak truk

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 00.30 pagi di kawasan jalan tol Vaijapur di distrik Chhatrapati Sambhajinagar, hampir 350 km dari Mumbai. Supir minibus kehilangan kendali kendaraannya, sehingga menabrak truk kontainer yang sedang berhenti dari arah belakang.

Sang supir mengaku melihat truk di depannya muncul secara tiba-tiba sebelum tabrakan terjadi. 

"Kontainer itu berhenti di jalan raya dan ditempatkan di jalur keempat jalan raya. Namun, rodanya masih berada di jalur ketiga dan tampaknya pengemudi minibus tersebut tidak dapat mengukurnya, sehingga ia pergi dan menabrak kontainer itu," kata Inspektur Polisi Aurangabad Maneesh Kalwaniya, dikutip Indian Express.

Petugas kantor perhubungan daerah (RTO) diduga telah menghentikan truk kontainer itu secara tiba-tiba, sehingga pengemudi minibus tidak dapat mengendalikan kecepatannya dan berakhir menabrak kendaraan tersebut

“Kami juga mencoba memastikan alasan kontainer tersebut berhenti di jalan raya. Kami juga akan memeriksa apakah ada orang dari RTO yang bersalah," tambah Kalwaniya.

Sementara ini, supir truk telah ditahan.

Baca Juga: RI Mau Bangun Perkebunan Tebu Raksasa, Tiru India dan Brasil

2. Minibus dilaporkan kelebihan muatan

Dilansir NDTV, penyelidikan awal menunjukkan bahwa minibus kelebihan muatan. Kendaraan itu mempunyai kapasitas untuk mengangkut 17 orang, namun hampir 35 penumpang menaikinya saat kejadian. Investigasi lebih lanjut sedang dilakukan.

Polisi mengatakan korban tewas terdiri dari lima pria, enam perempuan dan seorang anak di bawah umur. Sementara itu, mereka yang mengalami luka-luka telah dirawat di rumah sakit. 

“23 penumpang lainnya terluka dan sekitar 10-15 orang dirawat, tiga di antaranya kritis,” kata polisi, seraya menambahkan bahwa pengemudi kedua kendaraan mengalami luka ringan.

3. Pemerintah berikan dana santunan untuk keluarga korban

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengungkapkan keprihatinannya atas kecelakaan yang memakan korban jiwa tersebut.

"Kami turut bersedih atas hilangnya nyawa akibat kecelakaan di distrik Chhatrapati Sambhajinagar. Pikiran saya tertuju pada mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai. Saya berharap yang terluka segera pulih," tulis pernyataan dari kantor Perdana Menteri.

Pihaknya mengatakan akan memberikan kompensasi sebesar 200 ribu rupee (sekitar Rp37 juta) bagi keluarga korban meninggal, sementara mereka yang terluka akan diberikan 50 ribu rupee (sekitar Rp9 juta) per orang.

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api di Bihar India, 4 Tewas dan 30 Luka

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya