15 Orang Tewas akibat Kecelakaan Troli Traktor di India

Para korban hendak melakukan ritual ibadah Hindu

Jakarta, IDN Times - Sebuah traktor yang menarik troli berisi 40 penumpang terbalik dan jatuh ke dalam kolam di India utara pada Sabtu (24/2/2024). Sedikitnya 15 orang, termasuk tujuh anak-anak, tewas dan belasan lainnya luka-luka dalam kecelakaan itu.

Insiden tersebut terjadi di distrik Kasganj, negara bagian Uttar Pradesh, pada pagi hari. Polisi mengatakan bahwa para korban berasal dari distrik Etah dan sedang dalam perjalanan ke Kadarganj untuk melakukan ritual mandi di sungai Gangga.

Pihak berwenang mengatakan bahwa korban luka telah dirawat di rumah sakit setempat. Beberapa di antaranya dilaporkan mengalami luka serius.

Baca Juga: Calon Pengantin di India Tewas saat Operasi Gigi

1. Traktor dilaporkan melaju dengan kecepatan tinggi

Menurut investigasi awal, kecelakaan itu terjadi karena traktor melaju dengan kecepatan tinggi, sebelum pengemudi akhirnya kehilangan kendali. Tidak jelas apakah si pengemudi selamat.

“Mereka yang terjebak di kolam sedang ditarik keluar dengan buldoser. Korban luka telah dirawat di rumah sakit. Beberapa orang yang lewat juga tertimpa troli saat terjatuh,” kata petugas polisi, Aparna Rajat Kaushik, dikutip The Indian Express.

“Ada kemungkinan lebih banyak korban jiwa, tetapi saat ini kami dapat mengatakan, ada 15 kematian,” tambahnya

2. Pemerintah berikan santunan kepada korban

Kepala Menteri Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan masing-masing santunan 200 ribu rupee (sekitar Rp37 juta) kepada keluarga korban meninggal dan 50 ribu rupee (sekitarRp9 juta) untuk korban luka-luka.

Dia juga meminta sejumlah pejabat untuk segera datang ke lokasi kejadian dan memastikan mereka yang berada di rumah sakit mendapatkan perawatan terbaik.

“Hilangnya nyawa dalam kecelakaan lalu lintas di Kasganj sangat disayangkan. Saya ikut berbela sungkawa untuk keluarga yang ditinggalkan. Para pejabat telah diinstruksikan untuk merawat semua yang terkena dampak dengan baik,” tulis Adityanath di media sosial X.

Baca Juga: Mahkamah Agung India Batalkan Pendanaan Pemilu secara Anonim

3. 26 orang tewas akibat kecelakaan serupa di Uttar Pradesh pada 2022

Dilansir Associated Press, pihak berwenang telah melarang traktor menarik troli untuk mengangkut penumpang, namun perintah tersebut kerap dilanggar di daerah pedesaan India. Pada 2022, 26 orang tewas dalam kecelakaan serupa di Uttar Pradesh.

India merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi di dunia, dengan ratusan ribu orang tewas dan terluka setiap tahunnya. Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang ugal-ugalan, kondisi jalan yang buruk, dan kendaraan yang sudah tua.

Baca Juga: 11 Orang Tewas dalam Kebakaran di Pabrik Cat di India

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya