21 Orang Tewas akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Afghanistan

Kecelakaan melibatkan bus, sepeda motor dan truk bahan bakar

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 21 orang tewas dan 38 lainnya terluka akibat tabrakan beruntun yang melibatkan sebuah bus, truk bahan bakar, dan sepeda motor di Afghanistan Selatan. 

Insiden itu terjadi pada Minggu (17/3/2024) di distrik Gerashk di provinsi Helmand. Otoritas setempat mengatakan bahwa tabrakan itu menyebabkan kendaraan-kendaraan terbakar.

“Pada Minggu pagi, 21 orang tewas dan 38 orang luka-luka akibat tabrakan antara truk tanker minyak, sepeda motor, dan bus penumpang,” kata departemen informasi provinsi dalam sebuah unggahan di media sosial X.

1. Bus tabrak sepeda motor lalu truk bahan bakar

Menurut petugas lalu lintas di Helmand, insiden bermula saat bus penumpang yang sedang melakukan perjalanan dari kota Herat ke ibu kota, Kabul, bertabrakan dengan sepeda motor yang membawa dua orang. Kedua pengendara sepeda motor itu tewas.

Sopir bus lalu kehilangan kendali dan menabrak truk bahan bakar yang melaju dari arah berlawanan, sehingga memicu kebakaran. Tabrakan tersebut menewaskan tiga penumpang truk dan 16 penumpang bus, dilansir VOA News.

Dalam gambar yang dibagikan oleh Departemen Informasi di media sosial, tampak logam hangus dan bengkok berserakan di jalan raya, sementara bagian depan truk hancur.

Baca Juga: India Permudah Naturalisasi dari Negara Lain, Kecuali untuk Muslim

2. Sebanyak 11 korban alami luka serius

Para pejabat mengatakan, tim pembersihan telah berada di lokasi kejadian untuk membereskan puing-puing kendaraan. Pihak berwenang juga telah meluncurkan investigasi atas kecelakaan tersebut.

Juru bicara kepala polisi Helmand, Hzatullah Haqqani, mengatakan bahwa 11 dari 38 orang yang terluka dipindahkan ke rumah sakit akibat luka serius.

3. Kecelakaan lalu lintas yang mematikan kerap terjadi di Afghanistan

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di Afghanistan, terutama karena kondisi jalan yang buruk dan kecerobohan pengemudi. Selain itu, jalan yang terletak di dataran rendah dan kurangnya rambu lalu lintas juga menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Menurut Direktorat Jenderal Polisi Lalu Lintas di negara tersebut, lebih dari 1.600 orang tewas dan lebih dari empat ribu lainnya terluka akibat kecelakaan lalu lintas dalam 10 bulan terakhir, dikutip Al Jazeera.

Kecelakaan serius lainnya yang melibatkan truk bahan bakar terjadi pada Desember 2022. Sedikitnya 31 orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka bakar ketika kendaraan tersebut terbalik dan terbakar di jalur Salang di dataran tinggi Afghanistan.

Baca Juga: Indonesia Kirim 10 Juta Dosis Vaksin Polio ke Afghanistan

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya