5 Orang Tewas Tertimpa Bangunan Runtuh di Pakistan

Empat orang mengalami luka-luka

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya lima orang tewas ketika sebuah bangunan yang sedang dibangun di kawasan Koloni Shah Faisal di kota Karachi, Pakistan, runtuh pada Rabu (11/10/2023). Insiden itu juga menyebabkan empat orang terluka.

Polisi mengatakan empat di antara korban tewas adalah pekerja bangunan di gedung itu, sementara seorang lainnya adalah pejalan kaki. Alat berat dikerahkan untuk mencari jenazah di baling puing-puing bangunan.

Sementara itu, mereka yang terluka telah bawa ke Pusat Medis Pascasarjana Jinnah untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca Juga: PBB Desak Pakistan Tahan Diri Pulangkan Paksa Migran Afghanistan

1. Dua pekerja bangunan terjebak di dalam reruntuhan

Saqib Khan, petugas kantor Polisi Koloni Shah Faisal, mengatakan awalnya tiga orang dilaporkan tewas. Tak lama kemudian, dua mayat lagi ditemukan.

“Dua pekerja terjebak dan jenazah mereka ditemukan satu jam setelah bangunan runtuh,” kata Khan kepada The National

Seorang tukang bangunan yang bekerja di gedung tiga lantai itu mengatakan bahwa dia dan pekerja lainnya sedang pergi ke pasar terdekat untuk membeli teh, ketika mereka kemudian mendengar suara keras.

“Saat kami sampai ke belakang, kami melihat bangunan itu telah runtuh. Ada dua pekerja konstruksi yang terjebak di dalam, yaitu Naseer dan Ismail, saat kami keluar gedung menuju kedai teh,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Fakta Ledakan Bom Pakistan saat Acara Maulid Nabi Muhammad

2. Operasi penyelamatan disebut terlambat

Istri dari salah seorang pekerja yang terjebak di gedung tersebut mengatakan, keluarganya telah menunggu di lokasi kejadian selama lebih dari satu jam, tetapi operasi penyelamatan terlambat dimulai.

“Segera setelah kami mengetahui tentang keruntuhan tersebut, kami sampai di tempat ini. Namun mengapa proses penyelamatan begitu lambat? Ini adalah sebuah ketidakadilan. Kami kehilangan pencari nafkah,” ujarnya di lokasi kejadian.

Direktur operasi penyelamatan Abid Sheikh mengatakan meskipun operasi dimulai tepat waktu, penundaan sering terjadi di daerah yang padat penduduk.

3. Pemilik gedung akan dijadikan tersangka

Menurut polisi, atap bangunan tidak mampu menahan beban pekerjaan konstruksi sehingga berujung pada ambruknya bangunan tersebut.

"Sesuai laporan awal, atap pelat yang lama tidak dapat menahan beban dua atap lagi dan roboh,” kata Khan, dikutip Dawn.

Ia menambahkan bahwa kasus pidana akan diajukan terhadap pemilik gedung tersebut dengan tuduhan menyebabkan hilangnya nyawa dan cedera.

Baca Juga: Migran Afghanistan Ngaku Dianiaya Polisi Pakistan

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya