China Setop Impor Produk Laut Jepang usai Pelepasan Limbah Fukushima

Beijing khawatir risiko kontaminasi produk laut

Jakarta, IDN Times - China menangguhkan semua impor makanan laut dari Jepang pada Kamis (24/8/2023). Keputusan itu diambil tak lama setelah Tokyo melepaskan limbah radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke Samudera Pasifik.

Otoritas bea cukai China akan menangguhkan impor produk laut yang berasal dari Jepang mulai 24 Agustus 2023.

"Keputusan tersebut diambil untuk secara komprehensif mencegah risiko keamanan pangan dari kontaminasi radioaktif yang disebabkan oleh pembuangan air limbah nuklir dari Fukushima ke laut,” kata Administrasi Umum Bea Cukai, dikutip dari CNA.

"Hal ini juga untuk melindungi kesehatan konsumen China dan menjamin keamanan makanan impor," tambah otoritas tersebut.

1. Pembuangan limbah Fukushima disebut sebagai tindakan yang egois

Kementerian Luar Negeri China juga mengecam keras pembuangan limbah tersebut, dengan menyebutnya sebagai tindakan yang egois dan tidak bertanggung jawab. 

"Laut adalah milik bersama seluruh umat manusia, dan secara paksa memulai pembuangan air limbah nuklir Fukushima ke laut, mengabaikan kepentingan publik internasional," kata Kementerian pada Kamis

“Jepang tidak boleh menimbulkan kerugian sekunder bagi masyarakat lokal atau bahkan masyarakat dunia demi kepentingannya sendiri," tambah kementerian tersebut.

Sementara itu, Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China berjanji untuk melacak dan mengevaluasi kemungkinan dampak pelepasan air Jepang di wilayah lautnya.

Sebelum larangan impor total diumumkan, China telah melakukan pengujian radiasi menyeluruh terhadap makanan laut dari negara tetangganya itu. Pada Juli, Beijing telah menangguhkan semua impor makanan dari 10 dari 47 prefektur di Jepang.

Adapun China merupakan importir terbesar hasil laut Jepang, dengan nilai mencapai lebih dari 500 juta dolar AS (sekitar Rp7,6 triliun) tahun lalu, menurut data bea cukai.

Baca Juga: Deretan Kritik Negara Tetangga Jepang soal Pelepasan Limbah Fukushima

2. Sekelompok orang juga melakukan aksi protes di Hong kong dan Seoul

Melansir Kyodo News, di Hong Kong sekitar 30 demonstran melakukan protes di luar gedung Konsulat Jenderal Jepang untuk menentang pelepasan limbah Fukushima. Demonstran menyebut Jepang egois.

Di Seoul, beberapa orang yang menolak pembuangan limbah itu ditangkap polisi usai menyerbu gedung Kedutaan Besar Jepang di Korea Selatan.

Sementara itu, Filipina mengatakan pada Kamis bahwa mereka melihat pembuangan limbah itu dari perspektif yang berdasarkan ilmu pengetahuan dan fakta. Departemen Luar Negeri mengatakan, Manila mengakui keahlian teknis Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dalam masalah ini.

Dalam laporan yang dirilis pada bulan Juli, IAEA mengatakan limbah yang telah diolah dari PLTN Fukushima itu akan memiliki dampak radiologi yang dapat diabaikan terhadap manusia dan lingkungan.

3. Pembuangan limbah Fukushima memakan waktu hingga 30 tahun

Pada 2011, tiga reaktor di fasilitas Fukushima-Daiichi di timur laut Jepang mengalami kehancuran akibat gempa bumi besar dan tsunami yang menewaskan sekitar 18 ribu orang.

Sejak itu, operator pembangkit listrik TEPCO telah mengumpulkan 1,34 juta meter kubik air yang terkontaminasi untuk mendinginkan reaktor yang rusak.

Sebelum dibuang ke laut, air tersebut telah disaring dan diencerkan terlebih dahulu hingga konsentrasi tritiumnya, unsur radioaktif yang tertinggal, berada jauh bawah tingkat yang disetujui internasional. TEPCO memperkirakan pembuangan limbah itu akan memakan waktu sekitar 30 tahun.

Untuk tahap awal, limbah akan dikeluarkan dalam porsi yang lebih kecil dan dengan pemeriksaan ekstra. Pembuangan pertama sebanyak 7.800 meter kubik, atau setara dengan sekitar tiga kolam renang Olimpiade, akan berlangsung selama sekitar 17 hari, dikutip dari Reuters

Baca Juga: Jepang dan Korsel Gelisah Korut Akan Luncurkan Satelit Mata-mata

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya