Kelompok Bersenjata Tembak Mati 7 Tukang Cukur di Pakistan

Korban ditembak saat sedang tidur

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya tujuh orang tewas akibat ditembak oleh kelompok bersenjata di provinsi Balochistan, Pakistan, pada Kamis (8/5/2024). Satu orang lainnya mengalami luka-luka.

Pejabat polisi Mohsin Ali mengatakan, para pelaku menyerbu sebuah rumah di dekat kota pelabuhan Gwadar pada dini hari, dan menembak orang-orang yang sedang tertidur di dalamnya.

Para korban diketahui bekerja di sebuah tempat cukur di daerah tersebut. Mereka berasal dari provinsi Punjab. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Baca Juga: Pakistan: Taliban Gagal Berangus Kelompok Militan di Afghanistan

1. Pemerintah kutuk serangan tersebut

Ketua Menteri Balochistan, Sarfraz Bugti, mengutuk pembunuhan tersebut dan menyampaikan simpatinya kepada keluarga korban. Ia berjanji akan mengerahkan segala upaya untuk menangkap para pelaku dan fasilitator mereka.

Menteri Dalam Negeri Balochistan, Ziaullah Langau, juga telah memerintahkan penyelidikan atas pembunuhan ketujuh tukang cukur tersebut. Ia mengutuk pembunuhan itu dan menyebutnya sebagai tindakan pengecut.

Kecaman serupa juga disampaikan oleh ketua Partai Rakyat Pakistan (PPP), Bilawal Bhutto-Zardari.

“Pembunuhan brutal terhadap pekerja yang tidak bersalah adalah terorisme terbuka,” kata politisi tersebut, seraya menambahkan bahwa masyarakat di seluruh negeri, termasuk Balochistan, sangat marah atas penembakan itu.

“Monster-monster yang terlibat dalam kejahatan ini harus diadili,” tegasnya.

2. Kelompok separatis di Balochistan kerap serang pekerja dari Punjab

Dilansir Associated Press, kelompok separatis di Balochistan sering menyerang pekerja dari Punjab sebagai bagian dari kampanye untuk memaksa mereka meninggalkan provinsi tersebut. Selama bertahun-tahun, Tentara Pembebasan Baluchistan (BLA) dan kelompok lainnya telah melancarkan pemberontakan skala kecil untuk menuntut kemerdekaan dari pemerintah pusat di Islamabad.

Pemerintah mengatakan bahwa mereka telah memadamkan pemberontakan separatis, namun kekerasan di provinsi tersebut masih terus berlanjut.

Mengenai serangan hari Kamis, polisi mengatakan bahwa mereka yakin serangan terhadap tukang cukur pangkas rambut tersebut tidak ada hubungannya dengan pekerjaan mereka.

Baca Juga: Resahkan Warga, Dua WNA Asal Pakistan Ditangkap Imigrasi Blitar

3. Ada 9 orang dari Punjab ditembak mati di Balochistan bulan lalu

Bulan lalu, BLA mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan sembilan orang dari provinsi Punjab. Korban diculik dari sebuah bus di jalan raya di Balochistan dan ditembak dari jarak dekat.

Pada Januari, orang-orang bersenjata juga membunuh enam tukang cukur di wilayah barat laut Pakistan, yang dekat dengan perbatasan Afghanistan. Beberapa tahun lalu, kelompok militan Pakistan melarang pemangkasan janggut dan potongan rambut ala Barat.

Baca Juga: Ledakan Bom di Pakistan, 3 Orang Tewas dan 7 Terluka

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya