Keluhkan Musik yang Terlalu Keras, Pria India Tewas Ditembak

Tiga anggota keluarganya mengalami luka-luka

Jakarta, IDN Times - Pria berusia 45 tahun tewas ditembak pada Rabu (26/7/2023) usai terlibat perseteruan dengan beberapa pekerja tambang di desa di Gorakhpur, Uttar Pradesh, India.

Insiden itu terjadi setelah korban, yang diidentifikasi sebagai Raj Kishore, keberatan dengan suara musik yang diputar keras-keras oleh para pekerja tambang. Masalah itu melebar hingga akhirnya memicu kekerasan.

Adapun Kishore, yang merupakan warga desa Rudauli, berasal dari kelompok Dalit, yaitu kasta terendah di India yang kerap mendapatkan diskriminasi.

1. Para pekerja tambang serbu kediaman korban

Keluhkan Musik yang Terlalu Keras, Pria India Tewas Ditembakradio (unsplash.com/ Shakibuzzaman Khan Chowdhury)

Polisi menjelaskan, masalah bermula saat para pekerja tambang memutar lagu-lagu vulgar dengan suara yang keras di dekat kediaman Kishore.

Lantaran merasa terganggu dengan suara tersebut, Kishore menyuarakan keluhannya kepada para pekerja hingga memicu pertengkaran di antara mereka.

Beberapa jam kemudian, sekitar enam pekerja tambang, bersama dengan kontraktor mereka Sunil Yadav, mendatangi rumah Kishore dan menyerang korban beserta keluarganya. 

Pria berusia 45 tahun ditembak dan tewas di tempat, sementara tiga anggota keluarganya terluka dalam serangan itu, dikutip dari Siasat.

Baca Juga: Buntut Sengketa Properti, Pemabuk India Pukuli Ibunya Hingga Tewas

2. Warga hancurkan barang-barang tersangka

Keluhkan Musik yang Terlalu Keras, Pria India Tewas Ditembakilustrasi api (unsplash.com/Cullan Smith)

Mendengar suara tembakan, warga desa keluar dan mengejar Yadav beserta anak buahnya. Beberapa di antaranya ditangkap dan dipukuli oleh warga.

Massa yang marah kemudian membakar dua sepeda motor dan satu troli traktor milik tersangka. Mereka juga membakar mobil SUV milik Yadav, yang merupakan warga desa tetangga Devan Deeh.

Selain itu, warga sempat memblokir lalu lintas antara desa Saunkhor dan Semra selama berjam-jam untuk mendesak agar tersangka segera ditangkap. Massa baru membubarkan diri setelah petugas meyakinkan mereka bahwa tersangka akan diringkus secepatnya. 

3. Korban luka dalam kondisi stabil

Keluhkan Musik yang Terlalu Keras, Pria India Tewas Ditembakilustrasi perawatan rumah sakit (unsplash.com/Marcelo Leal)

Polisi mengatakan ketiga orang yang terluka. Mereka telah mendapat perawatan dan kondisinya kini stabil. Sementara, tujuh orang tersangka termasuk Yadav, sedang diburu oleh petugas keamanan.

Pemimpin Partai Bahujan Samaj, Mayawati, mengecam pembunuhan tersebut dan meminta agar tersangka ditindak tegas.

“Contoh lain betapa tingginya moral unsur kriminal di Uttar Pradesh terlihat hari ini di Rudauli, ketika sekelompok penambang ilegal menyerang keluarga Dalit, membunuh satu orang dan melukai banyak lainnya. Ini sangat menyedihkan dan terkutuk,” cuitnya, dikutip dari NDTV.

Baca Juga: Pria India Ditangkap Polisi Usai Perkosa Gadis 5 Tahun di Ladang

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya