Remaja Rusia Lakukan Penembakan di Sekolah, 1 Murid Tewas

Anak perempuan berusia 14 tahun itu kemudian bunuh diri

Jakarta, IDN Times - Seorang murid perempuan menembak beberapa teman sekelasnya di sebuah sekolah di kota Bryansk, Rusia, pada Kamis (7/12/2023). Akibatnya, satu orang tewas dan lima lainnya terluka. Pelaku kemudian membunuh dirinya sendiri usai melakukan penembakan tersebut.

“Berdasarkan data penyelidikan awal, seorang anak perempuan berusia 14 tahun membawa pistol ke sekolah, lalu dia melepaskan tembakan ke teman-teman sekelasnya,” kata Komite Investigasi Rusia dalam sebuah pernyataan, dikutip ARN.

1. Ayah pelaku diinterogasi sebagai saksi

Menurut kantor berita Rusia RIA Novosti, ayah pelaku telah dibawa untuk diinterogasi sebagai saksi. Penyelidik juga menanyakan bagaimana putrinya bisa memiliki senjata tersebut.

Sementara itu, Komisaris Hak Anak kepresidenan, Maria Lvova-Belova, mengatakan di saluran Telegramnya bahwa dia sedang mengawasi perawatan anak-anak yang terluka. Kementerian Dalam Negeri Rusia juga mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki motif penembakan tersebut, dilansir Associated Press.

Baca Juga: Kronologi Kasus Penembakan A$AP Rocky, akan Kembali Diadili

2. Pelaku juga membawa pisau

Gubernur wilayah Bryansk, Alexander Bogomaz, menyebut insiden itu sebagai tragedi yang mengerikan. Dia mengatakan, kelima korban yang terluka masih berusia anak-anak. Masing-masing mereka mengalami luka ringan hingga sedan

“Bersama dengan lembaga penegak hukum, kami berusaha mencari tahu dari mana murid tersebut dapat memperoleh dan membawa senjata ke sekolah,” kata Bogomaz.

Foto yang diterbitkan oleh outlet berita Mash menunjukkan si penembak, yang berpakaian serba hitam, tergeletak di lantai dalam keadaan tewas. Sebuah pisau bergagang panjang tampak diselipkan di sepatu bot kanannya.

3. Insiden penembakan di sekolah beberapa kali terjadi di Rusia

Rusia telah menyaksikan beberapa insiden penembakan di sekolah dalam beberapa tahun terakhir. Pada September 2022, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di sebuah sekolah di Rusia tengah, dan menewaskan 17 orang dan melukai 24 lainnya. Ia kemudian menembak dirinya sendiri hingga tewas.

Pada April 2022, seorang pria membunuh dua anak dan seorang anggota staf di sebuah taman kanak-kanak di Rusia tengah. Pada Mei 2021, 9 orang tewas ketika seorang pria menembaki murid-murid di bekas sekolah menengahnya di kota Kazan, Rusia. 

Pada 2018, seorang pelajar berusia 18 tahun di Krimea yang diduduki Rusia membunuh 20 orang dalam penembakan massal di sebuah perguruan tinggi.

Baca Juga: 3 Mahasiswa Palestina Jadi Korban Penembakan di AS, Satu Luka Serius

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya