Comscore Tracker

Luksemburg Jadi Negara Pertama Gratiskan Semua Kendaraan Umum

Mulai dijalankan tahun 2019

Luksemburg, IDN Times - Luksemburg sedang mengatur untuk menjadi negara pertama di dunia yang membuat semua transportasi publiknya gratis. Tarif kereta api, trem dan bus akan dicabut musim panas mendatang di bawah rencana pemerintah koalisi yang dipilih kembali oleh Xavier Bettel, yang disumpah untuk masa jabatan kedua sebagai perdana menteri pada hari Rabu.

1. Janji pemerintahan baru yang akan dilaksanakan musim panas 2019

Luksemburg Jadi Negara Pertama Gratiskan Semua Kendaraan Umumyoutube.com

Bettel, yang berasal dari partai Demokrat akan membentuk pemerintahan dengan partai Pekerja Sosialis sayap kiri dan Partai Hijau, telah bersumpah untuk memprioritaskan lingkungan selama kampanye pemilihan baru-baru ini.

Selain janji transportasi, pemerintah baru juga mempertimbangkan melegalisasi ganja, dan memperkenalkan dua hari libur umum baru. Saat ini, tarif dibatasi hingga tingkat terendah dengan 2 Euro untuk dua jam perjalanan, yang di negara kecil itu mencakup hampir semua perjalanan.

Melansir The Guardian, mulai musim panas 2019, tiket akan dihapus. Sebagian biaya akan ditanggung dengan menghapus keringanan pajak untuk komuter. Kebijakan ini belum menyeluruh. Keputusan belum diambil tentang apa yang harus dilakukan tentang kompartemen kelas satu dan kelas dua di kereta api.

2. Salah satu kota dengan kemacetan terburuk di dunia

Luksemburg Jadi Negara Pertama Gratiskan Semua Kendaraan UmumAlamy

Kota Luksemburg yang menjadi ibu kota merupakan salah satu kota dengan kemacetan terburuk di dunia. Luksemburg berpenduduk 600.000 jiwa, dengan 110.000 orang tinggal di ibu kota Luksemburg, tetapi sekitar 200.000 komuter berkendara setiap hari untuk bekerja dari Belgia, Prancis, dan Jerman.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa Kota Luksemburg memiliki beberapa kemacetan terburuk di dunia, dengan pengemudi di sana menghabiskan rata-rata 33 jam setahun duduk di lalu lintas. 

3. Sebelumnya telah menggratiskan transportasi umum untuk anak dan remaja

Luksemburg Jadi Negara Pertama Gratiskan Semua Kendaraan Umumgoriteway.com

Luksemburg semakin menunjukkan kemajuan untuk transportasi publik. Musim panas ini, pemerintah membuka transportasi gratis untuk setiap anak dan remaja di bawah usia 20 tahun. Siswa sekolah menengah dapat menggunakan angkutan gratis antara tempat mereka bersekolah dan rumah mereka. 

Langkah ini akan menghemat pengumpulan dan pemrosesan tarif, serta mendorong masyarakat untuk lebih memilih transportasi publik daripada kendaaraan pribadi. Sehingga mampu mengurangi kemacetan di negara tersebut.

Beberapa pusat kota di seluruh dunia telah menawarkan transportasi gratis dalam upaya mengurangi kemacetan, dan di beberapa negara bagian AS, sistem bus gratis. Tetapi tidak ada negara yang menghapuskan tarif dari seluruh jaringan transportasinya.

Namun tidak setiap orang yakin tentang ide ini. Claude Moyen, seorang guru yang melakukan perjalanan dengan kereta ke sekolahnya di kota Diekirch setiap hari, mengatakan dia takut kualitas perjalanan menjadi lebih buruk.

Baca Juga: Nyamannya Berjalan Kaki di Negara Maju. Kapan Indonesia Bisa Seperti Ini?

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You