Penyanyi Shakira Didakwa Lakukan Penggelapan Pajak di Spanyol

Messi dan Ronaldo pun alami kasus yang sama

Catalonia, IDN Times - Jaksa Spanyol telah menuduh penyanyi asal Kolombia sekalgius istri pesepak bola, Gerard Pique, Shakira dengan tuduhan penghindaran pajak. Shakira diduga menghindari pajak sebesar 14,5 juta Euro (Rp. 239,2 miliar) dengan cara mengklaim tinggal di Bahama sementara sebenarnya dia merupakan penduduk di Catalonia.

1. Shakira pindah dari Bahama ke Barcelona pada tahun 2015, namun jaksa menuduh jika dirinya telah tinggal sejak tahun 2012

Penyanyi Shakira Didakwa Lakukan Penggelapan Pajak di Spanyolhola.com

Melansir theguardian.com, Shakira mengubah tempat tinggalnya pada 2015 dari Bahama ke Barcelona, ​​di mana dia tinggal bersama pasangannya, pemain sepak bola Barcelona Gerard Piqué, dan dua putranya.

Namun jaksa menuduh bahwa dia sudah tinggal di ibukota Catalan antara 2012 dan 2014, dan seharusnya membayar pajak atas penghasilannya di seluruh dunia selama bertahun-tahun di Spanyol. Mereka berpendapat jika Shakira tinggal di Spanyol untuk hampir sepanjang tahun dan hanya bepergian ke luar negeri untuk waktu yang singkat.

Hakim akan segera memutuskan apakah ada cukup bukti untuk menempatkan Shakira di pengadilan.

2. Telah dilakukan investigasi sejak 11 bulan yang lalu

Penyanyi Shakira Didakwa Lakukan Penggelapan Pajak di Spanyolusatoday.com

Keputusan itu muncul 11 ​​bulan setelah otoritas pengadilan Spanyol mengumumkan penyelidikan status pajak penyanyi tersebut. Tahun lalu, Shakira muncul di Paradise Papers, sebuah investigasi dilakukan oleh the Guardian dan organisasi berita lain ke dunia keuangan luar negeri. Menurut surat kabar, ia tercatat sebagai penduduk Bahama meskipun tinggal di Barcelona.

Ditanya tentang kediaman Shakira yang terdaftar di Bahama, pengacaranya mengatakan bahwa sang seniman telah tinggal di berbagai tempat “Sepanjang karir profesionalnya, dan dalam setiap kasus, telah sepenuhnya memenuhi hukum dari semua yurisdiksi di mana dia tinggal” ungkapnya.

3. Bukan tokoh publik pertama yang terjerat kasus pajak di Spanyol

Penyanyi Shakira Didakwa Lakukan Penggelapan Pajak di Spanyoleurosport.com

Pemenang penghargaan Grammy, yang mendirikan Bare Foot Foundation untuk anak-anak kurang mampu pada tahun 1997, adalah bintang dunia terbaru yang menghadapi tindakan hukum atas urusan pajak di Spanyol.

Pada bulan Juli 2016, pemain sepak bola Barcelona, ​​Lionel Messi, dan ayahnya, Jorge, diberi penangguhan hukuman 21 bulan setelah dinyatakan bersalah menghindari pajak atas hak citra pemain. Hukuman yang ditangguhkan kemudian diganti dengan denda.

Lima bulan lalu, mantan pemain sepakbola Real Madrid Cristiano Ronaldo setuju untuk mengaku bersalah atas penipuan pajak dan membayar denda hampir 19 juta Euro sebagai ganti hukuman penjara dua tahun ditangguhkan.

Baca Juga: Hati-hati, Dua Tahun tak Bayar Pajak, Kendaraan Anda Dianggap Bodong

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya