Kanada Barat Kebakaran Hutan, 15 Ribu Keluarga Diminta Mengungsi

Terjadi sekitar seribu kebakaran hutan di Kanada

Jakarta, IDN Times - Wilayah Kanada bagian barat, tepatnya di Kota Kelowna, saat ini tengah mengalami krisis kebakaran hutan. Sekitar 15 ribu keluarga diminta mengungsi.

Pemerintah setempat telah menyatakan status darurat atas peristiwa ini. Sebab, terjadi ratusan kebakaran di berbagai lokasi.

"Selama dua hari terakhir, ribuan warga Yellowknife terpaksa mengungsi dari rumah mereka karena kebakaran hutan yang dahsyat," ujar Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau seperti dilansir dari media sosialnya, Sabtu (19/8/2023).

1. Pemerintah Kanada kerahkan segala upaya untuk atasi krisis

Kanada Barat Kebakaran Hutan, 15 Ribu Keluarga Diminta MengungsiPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf)

Trudeau mengatakan pemerintah terus berupaya mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki. Mulai dari pemadam kebakaran, logistik, hingga transporasi udara.

"Kami akan terus melakukan semua yang kami bisa," ujarnya.

Baca Juga: Profil Justin Trudeau, PM Kanada yang Lahir dari Keluarga Politisi

2. PM Kanada sempat gelar pertemuan darurat

Kanada Barat Kebakaran Hutan, 15 Ribu Keluarga Diminta MengungsiPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau melambaikan tangannya saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (14/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf)

Trudeau telah menggelar pertemuan darurat pada Kamis, 17 Agustus 2023 pada waktu setempat untuk membahas krisis ini.

"Ini bukan waktu yang mudah," ujarnya.

3. Terjadi sekitar seribu kebakaran hutan di Kanada

Kanada Barat Kebakaran Hutan, 15 Ribu Keluarga Diminta Mengungsiilustrasi kebakaran hutan (pexels.com/Deep Rajwar)

Menurut Pusat Kebakaran Hutan Antarlembaga Kanada, terdapat sekitar 1.000 kebakaran hutan aktif di Kanada hingga Jumat, dengan lebih dari 380 di antaranya terjadi di British Columbia dan lebih dari 230 lainnya di Wilayah Barat Laut. 

Baca Juga: Korban Kebakaran Hutan di Hawaii Mencapai 111 Orang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya