Hubungan Sudah 100 Tahun, Korsel: Indonesia Seperti Saudara Kandung

Indonesia dan Korsel merupakan mitra strategis khusus

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Park Tae-Sung, menyebut Indonesia seperti saudara kandung. Hal ini tak lepas dari terjalinnya hubungan baik kedua negara selama satu abad terakhir.

Park Tae-Sung menyampaikannnya secara daring dalam rangka perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan.

“Ikatan batin yang erat antara Korea Selatan dan Indonesia telah terjalin selama 100 tahun, yakni sejak pertama kali diaspora Korea bermigrasi ke Indonesia. Presiden Moon Jae-in dan Presiden Joko Widodo pun memiliki hubungan yang erat,” kata Dubes Park seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (4/10/2020).

Baca Juga: Gereja di Korsel Dituntut Bayar Biaya Perawatan Jemaat Positif COVID 

1. Indonesia dan Korsel merupakan mitra strategis khusus

Hubungan Sudah 100 Tahun, Korsel: Indonesia Seperti Saudara KandungANTARA News/ Biro Humas Kementerian Perindustrian

Dubes Park menyampaikan bahwa hubungan kedua negara telah terjalin ke tingkat yang lebih tinggi, yakni Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnership). Hal itu terjalin sejak kunjungan kenegaraan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia pada 2017 lalu.

“Di kawasan Asia Tenggara, kemitraan tersebut hanya dimiliki oleh Indonesia dan Korea. Ruang lingkup kerja sama strategis antara kedua negara pun diperluas hingga diplomasi pertahanan, ekonomi, dan kebudayaan,” ucap dia.

2. Korsel dukung Indonesia untuk mengatasi COVID-19

Hubungan Sudah 100 Tahun, Korsel: Indonesia Seperti Saudara KandungIlustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Dubes Park menegaskan, negaranya akan mendukung penuh upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani COVID-19. Pihaknya pun siap untuk meningkatkan kerja sama di bidang investasi dan industri guna membantu pemulihan ekonomi di Tanah Air.

“Hingga saat ini, Korea Selatan terus berbagi pengalaman dengan Indonesia dalam penanggulangan COVID-19 yakni yang berkaitan dengan strategi 3T (Test, Trace, Treat), agar pandemi COVID-19 dapat segera teratasi,” imbuh dia.

3. Indonesia apresiasi Pemerintah Korsel yang memfasilitasi pekerja migrasi Indonesia

Hubungan Sudah 100 Tahun, Korsel: Indonesia Seperti Saudara KandungYoutube IDN Times

Park menambahkan, diaspora antar kedua negara juga punya peran penting dalam meningkatkan hubungan kedua negara. Dia berharap, ke depannya hubungan baik ini akan terus terjaga.

“Warga Korea yang menetap di Indonesia mencapai 30 ribu orang dan warga Indonesia yang tinggal di Korea mencapai 40 ribu orang. Mereka memiliki peran penting dalam menjembatani dan menjalin persahabatan antara kedua negara,” paparnya.

Sementara itu, dalam sambutan dan ucapan selamat atas perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan, Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, mengapresiasi Pemerintah Negeri Ginseng dalam memfasilitasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk memperoleh lingkungan kerja yang memadai dan perlakuan yang setara.

“Salah satunya melalui rencana pembentukan kesepakatan bagi PMI atau anak buah kapal (ABK) Indonesia, yang tidak termasuk ke dalam kategori Employment Permit System,” ujar Ida.

Baca Juga: Kim Jong-un Minta Maaf Telah Menembak Pejabat Korea Selatan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya