Unik, Desa Ini Bikin Kode QR Raksasa dari Ribuan Pohon

Bagaimana ya cara scan kodenya?

Bagi pengguna barang elektronik, kode QR atau bar code tentu tak asing. Kode yang berupa paduan garis dan titik ini menyimpan berbagai informasi, mulai dari lokasi tertentu di peta, hingga harga pada baju. Informasi tersembunyi pada kode tersebut baru akan didapatkan jika dibaca melalui alat khusus seperti pemindai.

Tapi, tahukah kalian kode QR terbesar di dunia berada di mana? Ternyata, kode tersebut berada di Desa Xilinshui, Kota Baoding, Provinsi Hebei, Tiongkok. Para pejabat setempat telah menciptakan sebuah kode QR raksasa. Dilansir dari Digital Trends (19/9), tujuan dari pembangunan kode QR raksasa yaitu untuk mempromosikan daerah tersebut.

Mereka berharap siapa saja yang melintas di atas desa mereka akan penasaran dan segera memindainya dengan ponsel. Tentu saja membutuhkan ketinggian tepat dengan langit yang tidak berawan untuk memindai kode tersebut. Siapapun yang berhasil memindai kode QR itu, maka akan langsung terhubung ke dalam jaringan pariwisata berbahasa resmi desa Xilinshui di WeChat. Aplikasi WeChat sendiri sangat terkenal di Tiongkok. 

Terbuat dari 130.000 pohon.

Unik, Desa Ini Bikin Kode QR Raksasa dari Ribuan Pohonbbc.com

Seperti yang dilansir dari laman China Daily,  akun pariwisata tersebut dikelola oleh Haomeng Linshui Agriculture Technological Co. Ltd. Perusahaan tersebut menawarkan berbagai layanan, termasuk usaha pariwisata pertanian dan katering. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2016.

Kode QR tersebut terbuat dari 130.000 pohon Juniper dengan area seluas 6,6 hektar. Tinggi pohonnya berkisar antara 80 cm hingga 2,5 m dengan panjang masing-masing sisi 227 meter. Desa Xilinshui sendiri menawarkan hutan, sungai bersih, dan pegunungan yang indah. Pada tahun 2015 , Xilinshui bahkan dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di Hebei.

Kode QR sendiri menjadi semakin populer di Tiongkok, terutama untuk melakukan transaksi pembayaran cepat. Bukan tanpa alasan, negara tersebut memang memiliki 724 juta pengguna ponsel.

Video ini buktikan bahwa hampir semua transaksi di Tiongkok menggunakan QR code.

https://www.youtube.com/embed/hpu9wRq89wg

 

 

 

Heisenberg Photo Writer Heisenberg

Man Jadda Wa Jada

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya