AS dan Australia Berhasil Gagalkan Penyelundupan 2,4 Ton Kokain

Ada 12 orang yang ditangkap

Jakarta, IDN Times - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) dan Australia dalam kerja sama yang disebut "Operasi Beech" berhasil mengagalkan penyelundupan kokain seberat 2,4 ton ke Australia Barat melalui Amerika Selatan. Kokain itu diperkirakan bernilai satu miliar dolar Australia (Rp10,3 triliun).

Dalam operasi ini ada 12 orang yang berhasil ditangkap kepolisian Australia Barat. Keberhasilan operasi ini disampaikan kepolisian Ausralia Barat dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga: Kokain Senilai Rp1 Miliar Dikirim dari Inggris ke Bali

1. Polisi menganti dengan kokain palsu

Penyitaan kokain itu tanpa sepengetahuan pelaku. Polisi di Australia Barat kemudian mengganti kokain dengan plester paris, bubuk putih halus.

Kokain palsu itu dikirim ke Samudera Hindia di sebelah barat Perth dan dipantau oleh pihak berwenang melalui drone dan helikopter. Komisaris polisi Australia Barat, Col Blanch, mengatakan bahwa itu adalah operasi yang canggih.

“Kami harus menggunakan sumber daya yang ekstensif, pengawasan ekstensif, detektif, petugas intelijen, Kelompok Tanggap Taktis, sayap udara. Australia Barat adalah garis pantai yang menarik karena menurut mereka tidak akan terdeteksi tetapi tidak memahami kemampuan polisi Australia Barat," kata Blanch, dilansir VOA News.

Baca Juga: Fakta El Raton, Putra Bos Kartel Narkoba Terkuat Meksiko El Chapo

2. Penyelundupan diduga terkait dengan kartel di Meksiko

Kepolisian Australia Barat mengatakan jaringan narkoba dalam kasus ini diduga terkait dengan kartel di Meksiko. Pengiriman narkoba itu berhasil dicegat oleh Badan Penegakan Narkoba AS di lepas pantai Ekuador pada bulan November.

Inspektur Detektif Jeff Beros dari kepolisian Australia Barat mengatakan jumlah kokain 2,4 ton yang disita selama operasi itu melebihi setengah dari konsumsi kokain tahunan Australia. Penyitaan itu adalah salah satu yang terbesar yang melibatkan polisi Australia.

"Operasi ini mengirimkan pesan kepada pengedar narkoba internasional, obat-obatan mematikan kamu tidak diterima di sini," kata Blanch.

Baca Juga: Polisi Temukan 1,2 Kg Kokain di dalam Perut Perempuan Asal Peru

3. Penangkapan oleh kepolisian Australia

AS dan Australia Berhasil Gagalkan Penyelundupan 2,4 Ton KokainIlustrasi penangkapan. (Pexels.com/Kindel Media)

Melansir DW, dalam operasi ini pihak berwenang Australia berhasil menangkap 12 orang. Tiga tersangka merupakan anggota jaringan yang disebut "sindikat narkoba lengan Australia". Mereka ditangkap saat menggunakan dua kapal untuk berupaya mengambil kokain palsu yang dibuat polisi. Sembilan orang lainnya kemudian berhasil ditangkap pada Malam Tahun Baru dan pada Januari.

Polisi juga menghentikan sebuah kendaraan di Great Eastern Highway dekat Coolgardie, lebih dari 550 kilometer dari timur Perth, dan menemukan uang tunai lebih dari 2 juta dolar Australia (Rp20,6 miliar). Salah satu dari 12 orang yang ditangkap merupakan seorang pria berusia 39 tahun dari AS. Saat ini, semua kasus sedang disidangkan di pengadilan di Australia Barat. 

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya