Caitlyn Jenner Tolak Transgender di Kompetisi Olahraga Wanita

Jenner sedang berupaya menjadi gubernur California

California, IDN Times - Caitlyn Jenner calon kandidat Gubernur California dan mantan peraih emas Olimpiade untuk cabang olahraga dasalomba menentang perempuan transgender ikut serta dalam kompetisi olahraga perempuan. Jenner yang berubah menjadi perempuan transgender pda 2015 menyampaikan penolakannya pada hari Sabtu, 1 Mei.

1. Ingin melindungi olahraga anak perempuan

Melansir dari The Hill, Jenner menyampaikan dia tidak mendukung wanita transgender dalam kompetisi olahraga wanita, ketika diwawancarai oleh TMZ, dia mengatakan, "Ini adalah pertanyaan tentang keadilan. Itulah mengapa saya menentang anak laki-laki biologis yang menjadi trans yang berkompetisi dalam olahraga anak perempuan di sekolah. Ini tidak adil. Dan kita harus melindungi olahraga anak perempuan di sekolah kita."

Kemudian ketika ditanya tentang apakah melarang wanita transgender dari kompetisi olahraga akan melegitimasi identitas mereka, Jenner menghindari menjawab, dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Namun, kemudian Jenner melalui Twitter menyampaikan. "Saya tidak menyangka akan ditanyai ini pada acara kopi Sabtu pagi saya, tapi saya jelas tentang di mana saya berdiri. Ini masalah keadilan dan kami perlu melindungi olahraga anak perempuan di sekolah kita."

Melansir dari BBC, Jenner yang berubah menjadi transgender pada 2015 ini adalah salah satu atlet AS paling sukses di dasalomba tahun 1970-an dan memenangkan emas di Olimpiade Montreal 1976. Sebelum menjadi transgender, dia pernah menikah dengan Kris Jenner dan mereka dikaruniai dua anak perempuan, Kendall dan Kylie.
Dia dianggap warga AS dengan profil tertinggi yang menyatakan dirinya sebagai transgender. Popularitasnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir, berkat keterlibatannya dalam reality show hit Keeping Up with the Kardashians.

2. Larangan kompetisi untuk transgender

Melansir dari The Hill, komentar mantan atlet ini muncul saat banyak legislatif negara bagian sedang memperdebatkan masalah adanya transgender dalam kompetisi olahraga. Negara bagian Mississippi, Dakota Selatan dan Alabama adalah beberapa negara bagian yang telah meyetujui kebijakan larangan gadis transgender dalam dalam olahraga anak perempuan.

Melansir dari BBC, Mississippi menandatangani larangan tersebut pada bulan Maret, meskipun diperkirakan akan menghadapi banding. Kelompok HAM dan kelompok advokasi LGBT terbesar di AS, menyampaikan bahwa ada sekitar 17 negara bagian lain sedang mempertimbangkan undang-undang serupa.

Pendapat Jenner tentang atlet transgender telah membuatnya berselisih dengan banyak aktivis dan komunitas pendukung transgender, yang berpendapat bahwa undang-undang itu berbahaya dan diskriminatif. Selebriti transgender lainnya, Elliot Page, sebelumnya telah menyampaikan kritikan larangan atlet transgender berkompetisi dalam tim olahraga perempuan di beberapa negara bagian.

Baca Juga: Mendadak ke Indonesia, 10 Potret Caitlyn Jenner Kunjungi Magelang

3. Caitlyn Jenner sedang berjuang menjadi gubernur California

Jenner sedang berusaha menjadi calon gubernur California melalui Partai Republik, dia saat ini berharap bahwa petisi pemilihan kembali Guberno Gavin Newsom, yang anggota Demokrat, mencapai jumlah yang diperlukan untuk memicu pemungutan suara ulang. 

Melansir dari Metro, dalam kampanyenya untuk ikut bersaing menempati posisi gubernur California, Jenner telah mendapatkan dukungnya dari mantan gubernur California, Arnold Schwarzenegger, yang yakin dia memiliki kesempatan.

Saat tampil di sebuah acara bincag-bincang, Jenner menyampaikan bahwa siapapun memiliki kesempatan menjadi gubernur karena saat ini orang-orang tidak puas dengan apa yang terjadi di California.

"Hal utama tentang semua ini adalah tidak masalah apakah itu Caitlyn atau orang lain, memiliki visi yang jelas tentang ke mana kamu ingin pergi, apa jenis perubahan yang ingin kamu lakukan dan mengapa kamu memenuhi syarat untuk menjadi gubernur."

Baca Juga: Mendadak ke Indonesia, 10 Potret Caitlyn Jenner Kunjungi Magelang

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya