Direstui Vladimir Putin, Edward Snowden Peroleh Kewarganegaraan Rusia

Snowden telah menetap di Rusia sejak 2013

Jakarta, IDN Times - Edward Snowden, seorang mantan kontraktor badan intelijen Amerika Serikat (AS), pada Senin (26/9/2022) memperoleh kewarganegaraan Rusia. Status itu diperoleh setelah Presiden Vladimir Putin menandatangani sebuah dekrit.

Snowden merupakan pengungkap rahasia Badan Keamanan Nasional (NSA) yang mengawasi komunikasi dan data dari seluruh dunia. Sejak mengungkap rahasia intelijen AS pada 2013, Snowden telah meninggalkan AS dan menetap di Rusia.

1. Snowden telah mengajukan permohonan warga negara Rusia sejak 2020

Direstui Vladimir Putin, Edward Snowden Peroleh Kewarganegaraan RusiaBendera Rusia. (PIxabay.com/IGORN)

Melansir France 24, Snowden pada November 2020 menyampaikan bahwa dia telah mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia, tapi akan berusaha untuk mempertahankan kewarganegaraan AS. Hal itu bisa saja dilakukan karena Rusia mengizinkan individu memegang paspor Rusia, tanpa harus meninggalkan kewarganegaraan yang dimiliki.

Dmitry Peskov, juru bicara Kremlin, menyampaikan bahwa Snowden telah menerima kewarganegaraan Rusia atas permintaannya sendiri.

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, mengatakan bahwa pasangan kliennya, Lindsay Mills, juga akan mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia dan putri mereka yang lahir di Rusia telah memiliki paspor negara tersebut.

"Setelah dua tahun menunggu dan hampir sepuluh tahun di pengasingan, sedikit stabilitas akan membuat perbedaan bagi keluarga saya. Saya berdoa untuk privasi bagi mereka, dan untuk kita semua," kata Snowden melalui Twitter.

Snowden menjadi warga negara Rusia setelah negara itu mengumumkan mobilisasi pria Rusia untuk berkontribusi pada pertempuran di Ukraina. Kucherena menyampaikan, Snowden tidak akan dipanggil untuk mengabdi, karena dia tidak memiliki pengalaman di militer.

Baca Juga: Dokumen Edward Snowden Ungkap Operator Telekomunikasi Indonesia Disadap!

2. Snowden menganggap intelijen AS telah melanggar kebebasan sipil

Direstui Vladimir Putin, Edward Snowden Peroleh Kewarganegaraan RusiaEdward Snowden. (Twitter.com/Edward Snowden)

Melansir Associated Press, Snowden telah membuat marah pemerintah AS karena tindakannya membocorkan dokumen pengumpulan data rahasia yang dilakukan NSA.

Mantan karyawan NSA itu juga merilis rincian tentang anggaran intelijen AS yang dirahasiakan, dan tingkat pengawasan AS terhadap pejabat asing, termasuk para pemimpin negara-negara sekutu.

Terkait alasannya mengungkap rahasia intelijen tersebut, Snowden menganggap intelijen AS telah bertindak terlalu jauh dan secara keliru melanggar kebebasan sipil. Snowden juga diketahui tidak percaya terhadap pemerintahan mantan Presiden Barack Obama, yang menjabat ketika Snowden membocorkan dokumen rahasia kepada wartawan.

Snowden membocorkan dokumen rahasia NSA dengan memanfaatkan keterampilan pemrogramannya untuk membuat repositori catatan rahasia internal mengenai pengawasan yang dilakukan NSA, dan saat dia membangun sistem cadangan untuk data intelijen.

3. Snowden telah menghadapi dakwaan di AS

Direstui Vladimir Putin, Edward Snowden Peroleh Kewarganegaraan RusiaBendera Amerika Serikat. (Unsplash.com/Cristina Glebova)

Snowden dianggap pemerintah AS membahayakan keamanan global dengan mengekspos program-program penting. AS belum mengungkapkan seberapa besar kerugian yang disebabkan atas tindakan Snowden.

AS pada 2013 telah menjatuhi dakwaan terhadap Snowden atas pengungkapan tidak sah keamanan nasional AS dan informasi intelijen serta pencurian properti pemerintah. Dakwaan itu membuat Snowden mendapat ancaman hukuman puluhan tahun penjara.

Snowden pada 2019 menyampaikan bahwa dia bersedia kembali ke AS jika ada jaminan pengadilan yang adil.

Departemen Kehakiman telah menggugat untuk menghentikan Snowden mengumpulkan keuntungan dari bukunya, karena telah melanggar perjanjian kerahasiaan dengan badan intelijen.

"Posisi kami tidak berubah. Tuan Snowden harus kembali ke Amerika Serikat di mana dia harus menghadapi keadilan seperti warga negara Amerika lainnya," kata Ned Price, juru bicara Departemen Luar Negeri.

Mengenai kewarganegaraan Snowden, Gedung Putih telah merujuk hal itu ke Departemen Kehakiman.

Baca Juga: Pria Nazi yang Sakit Jiwa Serang di Sekolah Rusia, 17 Orang Tewas 

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya