Jerman Selidiki Motif Politik dalam Kebakaran Infrastruktur Kereta

Sebuah surat mengaku bertanggung jawab

Jakarta, IDN Times - Polisi Jerman sedang menyelidiki kasus kebakaran yang melanda infrastruktur kereta api di jalur utama antara Hamburg dan Berlin pada Jumat (8/9/2023). Polisi menduga adanya tindakan sabotase bermotif politik dalam insiden tersebut.

Kebakaran itu menimbulkan gangguan luas pada jalur kereta api, yang menyebabkan sejumlah jalur harus dibatalkan. Operator telah mengalihkan beberapa rute perjalanan yang memakan waktu lebih lama.

Baca Juga: Jatuh saat Joging, Penampilan Kanselir Jerman Kini bak Bajak Laut

1. Polisi sedang mencari saksi

Jerman Selidiki Motif Politik dalam Kebakaran Infrastruktur KeretaIlustrasi polisi. (Unsplash.com/Jonas Augustin)

Dilansir DW, polisi Hamburg mengatakan para penyelidik yakin kebakaran itu dilakukan secara sengaja dan ada motif politik di balik kejadian tersebut. Mereka menambahkan bahwa penyelidik sedang mencari saksi atas dugaan kejahatan tersebut.

Polisi mengatakan saluran kabel di sebelah jalur kereta api di tiga lokasi di Hamburg dibakar antara pukul 02.30 hingga 04.00. kebakaran itu mempengaruhi poros penahan kabel kereta api.

Menanggapi kebakaran itu, Menteri Transportasi Jerman Volker Wissing menggambarkan dugaan vandalisme tersebut sebagai serangan terorisme.

“Ini hanya masalah keberuntungan karena tidak ada yang dirugikan,” kata Wissing, menyerukan adanya konsekuensi hukuman yang berat.

Baca Juga: Pengadilan Jerman Selidiki Kasus Keracunan Jurnalis Rusia

2. Ada yang mengaku bertanggung jawab

Sebuah surat anonim yang dipublikasikan di situs sayap kiri mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut dan mengambarkannya sebagai sabotase. Surat itu mengatakan bahwa tindakan tersebut merupakan protes terhadap eksploitasi neo-kolonial dan ekstraksi bahan mentah yang menghancurkan bumi.

Namun, jalur yang diklaim digunakan untuk angkutan barang dan bukan lalu lintas penumpang. Polisi mengatakan mereka mengetahui klaim tersebut dan itu adalah bagian dari penyelidikan mereka, dikutip dari Associated Press.

Hans-Hilmar Rischke, kepala keamanan operator kereta api Jerman Deutsche Bahn mengatakan mereka melakukan kontak dekat dengan pihak berwenang dan berharap mereka yang bertanggung jawab akan segera ditangkap.

“Masyarakat yang ingin bepergian bersama kami, dengan salah satu sarana transportasi paling ramah iklim, sangat terkena dampak pembatalan dan penundaan kereta api serta tidak dapat mencapai tujuan mereka,” kata Rischke.

3. Dua jalur kereta dibatalkan

Jerman Selidiki Motif Politik dalam Kebakaran Infrastruktur KeretaIlustrasi kereta. (Unsplash.com/Ankush Minda)

Dampak dari insiden tersebut menyebabkan kereta api di jalur utama berkecepatan tinggi antara Hamburg dan Berlin dibatalkan. Perjalanan kereta jarak jauh antara Hamburg dan Rostock juga mengalami pembatalan.

Operator Deutsche Bahn mengatakan pihaknya telah mengoperasikan beberapa kereta dan dari ibu kota melalui rute lain, sehingga memperpanjang perjalanan sekitar satu jam. Seorang juru bicara lalu lintas kereta api mengatakan kemungkinan perjalanan baru akan pulih pada Sabtu pagi.

Kejadian ini membuat para penumpang kereta api bereaksi dengan marah. Namun, banyak yang mencatat bahwa kereta Deutsche Bahn sering kali mengalami penundaan, sebuah masalah yang terus terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Laporan perusahaan menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga kereta jarak jauh milik operator datang terlambat setidaknya 15 menit.

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya